Berita

Koopsau I Gelar Latihan Survival Tempur Madhi Yudha 2012

Dibaca: 8 Oleh 22 Mei 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Pangkoopsau I) Marsekal Muda TNI Bagus Puruhito yang bertindak selaku Irup sekaligus membuka Latihan Survival Tempur ” Madhi Yudha ” 2012 di Lapangan Upacara Makoopsau I, (21/05). Latihan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung kesiapsiagaan awak pesawat pada pelaksanaan operasi udara. Upacara pembukaan kemudian ditandai dengan penyematan tanda latihan dari Pangkoopsau I kepada masing-masing perwakilan Komando Latihan, Pelatih dan Pelaku.

Dalam Sambutannya Pangkoopsau I mengatakan bahwa tujuan digelarnya Latihan Survival Tempur ”Madhi Yudha” 2012 ini adalah untuk melatih dan meningkatkan kemampuan fisik dan mental awak pesawat dijajaran Koopsau I agar mampu bertahan hidup sebelum adanya pertolongan apabila mengalami keadaan darurat di daerah musuh, serta mampu menjaga kerahasiaan dalam melaksanakan tugas operasi udara.

Sedangkan sasaran dalam latihan ini yakni terwujudnya pemahaman/penguasaan teori dan prinsip-prinsip (SERE) Survival, Evasion, Resistance dan Escape, dan terwujudnya kemampuan ketrampilan dan cara bertindak yang benar dalam menghadapi keadaan darurat dan melaksanakan SERE serta terwujudnya kesiapsiagaan operasional awak pesawat guna menjamin keberhasilan tugas Koopsau I, lanjutnya.

Latihan Survival Tempur ”Madhi Yudha” 2012 juga melibatkan beberapa unsur satuan jajaran Koopsau I, dan Paskhasau sebagai Pelatih akan dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 21 sampai dengan 24 Mei 2012 yang mengambil lokasi di Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut, Jawa Barat. Adapun Para Pelaku sendiri terdiri dari beberapa Penerbang dan Crew Pesawat Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak, Skadron 2 Lanud Halim P. Jakarta, Skadron 17 Lanud Halim PK-Jakarta, Skadron 31 Lanud Halim P. Jakarta, Skadron 45 Lanud Halim P. Jakarta, Skadron 6 Lanud Atang Senjaya Bogor, Skadron 7 Lanud Suryadharma Kalijati Subang, Skadron 8 Lanud Atang Senjaya Bogor, dan Skadron 12 Lanud Pekanbaru Riau yang keseluruhannya berjumlah 54 Peserta.

Hadir pada upacara pembukaan latihan Madhi Yudha Danlanud Atang Senjaya Marsma TNI Tabri Santoso, Danlanud Halim P. Marsma TNI Asep Adang, Para Komandan Lanud Jajaran Koopsau I, Para Pejabat Koopsau I, serta Para Pelatih dan Tim Wasdal.

Sebelum berangkat menuju lokasi latihan di wilayah Pameungpeuk Garut terlebih dahulu diadakan acara pembekalan materi kepada para pelaku di Gedung Serbaguna Makoopsau I.

Baca juga:  Sekkau Laksanakan Tes Kesegaran Jasmani

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel