Berita

KOOPSAU II BERI JAMINAN KEAMANAN MASYARAKAT

Dibaca: 8 Oleh 14 Mei 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

AU Tetap Teguh Pada Jati Diri;

Koopsau II Beri Jaminan Keamanan Masyarakat


Dalam upaya penyelenggaran pertahanan, Koopsau II merupakan Komando Utama dibawah jajaran TNI Angkatan Udara, yang memiliki dua peran sekaligus, yaitu sebagai Kotamabin dan Kotamaops TNI. Sebagai Kotamabin, Koopsau II bertugas menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan jajaran, sedangkan sebagai Kotamaops, melaksanakan operasi udara dalam rangka penegakan kedaulatan negara di udara, serta mendukung penegakan kedaulatan di darat dan laut.

 

Untuk dapat melaksanakan perannya sebagai Kotamaops yang mampu memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat, bangsa dan negara, TNI AU harus tetap teguh pada jati dirinya sebagai prajurit pejuang yang profesional, yang pencapaiannya lebih ditentukan oleh satuan-satuan dibawah Koopsau II sendiri. Oleh karena itu, tidaklah berlebihan apabila keinginan untuk membentuk dirinya menjadi prajurit pejuang yang profesional, harus menjadi napas kehidupan dan budaya prajurit Koopsau II”.

 

Demikian Sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Herman Prayitno saat dilangsungkannya serahterima jabatan Panglima Komando Operasi TNI AU II (Pangkoopsau II), di Makoopsau II Makassar, Selasa (23/10).

Baca juga:  Primkopau Lanud Sjamsudin Noor Adakan RAT

 

Serahterima Jabatan Pangkoopsau II pejabat lama Marsekal Muda TNI Ida Bagus Sanubari (selanjutnya menduduki sebagai Aslog Kasau) kepada Marsekal Pertama TNI Yushan Sayuti (pejabat baru sebelumnya sebagai Danlanud Abdulrachman Saleh Malang).

 

Lebih lanjut Kasau mengatakan, kualitas kepejuangan dan profesionalisme tersebut, dirasakan semakin penting, seirama dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengubah secara dramatis sifat dan bentuk peperangan yang semakin modern. Diakui, dalam peperangan modern, kekuatan udara memegang peranan yang sangat penting. Oleh karenanya, kita harus memiliki kekuatan yang modern dan besar, terlebih bagi Koopsau II yang memiliki tanggungjawab mengamankan wilayah yang demikian luas.

 

Saat itu, Kasau juga menyadari besarnya tantangan tersebut, TNI bersama-sama Pemerintah, telah membulatkan komitmennya untuk memenuhi kebutuhan kekuatan pertahanan tersebut secara bertahap yang disusun melalui perencanaan strategis. Dari rencana itu, berkeyakinan, pada saatnya nanti TNI AU akan memiliki kekuatan udara modern dan handal yang menjadi syarat terpenuhinya komponen kekuatan pertahanan bagi negara sebesar Indonesia ini, tegas Kasau.

Baca juga:  PUASA RAMADHAN, IBARAT KALIBRASI

 

Mencermati gelagat perkembangan lingkungan strategis pada lingkup nasional, negara masih menghadapi permasalahan seperti terorisme, konflik vertikal maupun horisontal, illegal logging, ilegal fishing, gerakan separatis, klaim perbatasan dan bercana alam. Untuk merespon tuntutan diatas, Koopsau II harus lebih peka dan lebih renponsif dalam menyiapkan langkah-langkah kongkrit khususnya penyiapan alutsista maupun perangkat pendukungnya untuk penanganan permasalahan tersebut, khususnya pengamanan wilayah perbatasan dan pulau-pulau terdepan, pemantauan illegal fishing dan illegal logging, yang potensinya sangat besar terjadi di wilayah Koopsau II.

 

Secara khusus, Kasau mengingatkan kembali pentingnya kesiapan bagi pesawat tempur, terkait dengan adanya suatu kenyataan, bahwa sebagian besar kekuatan pesawat tempur, tak terkecuali pesawat Sukhoi, berada dibawah pembinaan Koopsau II. Kondisi itu, mengharuskan pembinaan kesiapan dan kesiapsiagaan Koopsau II yang juga diarahkan bagi terdukungnya tugas-tugas Kohanudnas maupun Kotamops lainnya.

 

Namun demikian dengan terwujudnya kesiapsiagaan seluruh awak dan alusista dalam melaksanakan operasi, tidak kalah pentingnya kasau selalu menekankan kembali pentingnya keselamatan terbang dan kerja. Kata kunci pencapaian Lambangja tersebut adalah disiplin, ketekunan dan keuletan bagi segenap personil yang mengawaki yang senantiasa diaktualisasikan dengan sebaik-baiknya, akan terwujudnya zero accident.

Baca juga:  Gubernur AAU lepas 124 karbol ikuti Latsitardanus ke 32

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel