TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Koopsau III Resmi Berdiri

By 11 May 2018Berita
IMG-20180511-WA0057

 

TNI AU.   Sorong, Papua Barat – Dispenau (11/5). Organisasi baru TNI AU setingkat Komando Utama Operasi (Kotamaops) yakni Komando Operasi TNI Angkatan Udara III (Koopsau III) telah resmi berdiri. Koopsau III diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersamaan dengan Kotama TNI AD dan Kotama TNI AL, dalam sebuah upacara militer di Sorong Papua Barat, Jumat (11/5).

Hadir pada acara tersebut Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M, Gubernur Papua Barat, Unsur Muspida Papua Barat serta para pejabat TNI-Polri lainya.

Di jajaran TNI AU, organisasi baru ini melengkapi Kotama yg sudah ada sebelumnya, yaitu Koopsau I dan II. Dengan demikian, sekarang selain kedua Koopsau di atas, TNI AU juga memiliki Koopsau III.

Koopsau III, yang bermarkas di Biak Papua, mempunyai tanggung jawab dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan udara di wilayah timur Indonesia. Koopsau III membawahi beberapa Pangkalan TNI AU (Lanud) di wilayah timur Indonesia meliputi Lanud Jayapura, Lanud Manuhuan Biak, Lanud Merauke, Lanud Timika, Lanud Pattimura Ambon, Lanud Leo Wattimena Morotai, Lanud Eltari Kupang dan Lanud Dumatubun.

Koopsau III dipimpin oleh seorang Panglima berpangkat Marsekal Muda (Marsda) TNI dan dibantu seorang Kepala Staf (Kas) berpangkat Marsekal Pertama (Marsma) TNI.

Penambahan organisasi TNI AU ini, untuk menjawab tantangan yang makin kompleks di bidang pertahanan, khususnya aspek udara di wilayah timur Indonesia. Selain itu juga untuk membantu program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Dengan terbentuknya satuan-satuan baru TNI (Darat, Laut , Udara) di wilayah timur Indonesia, diharapkan permasalahan yang terkait dengan gangguan dan ancaman terhadap kedaulatan NKRI di wilayah timur, secara bertahap dapat diatasi.

IMG-20180511-WA0066IMG-20180511-WA0065IMG-20180511-WA0058

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Koopsau III Resmi Berdiri