Berita

Koopsud III Gelar Latihan Survival Tempur “Digdaya Yudha” Tahun 2022 di Wilayah Samofa Biak

Dibaca: 32 Oleh 21 Mar 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 03 21 at 07.53.111
#TNIAU 

TNI AU.  Koopsud III mengelar latihan Survival Tempur “ Digdaya Yudha” Tahun 2022 yang secara resmi tadi pagi di buka oleh  Kepala Staf (Kas) Koopsud III Marsma TNI Donald Kasenda,S.T.,S.I.P.,M.M di lapangan upacara Markas Koopsud III Samofa Biak, Senin (21/3). Latihan survival “Digdaya Yudha” kali ini mengambil tema “ Koopsud III Melaksanakan Latihan Survival Tempur Digdaya Yudha TA, 2022 di Wilayah Koopsud III Guna Meningkatkan Kemampuan Personel Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Tugas TNI AU “.

Turut hadir dalam upacara pembukaan Kolonel Pnb Jhonson H. Simatupang, M.Han., selaku Direktur Latihan (Dirlat), para pejabat Koopsud III, perwakilan Korem 173/PVB, Guskamla Koarmada III, Kosek III, Lanud Manuhua, Kantor Basarnas Biak, Lanal Biak, para pejabat Koopsud III, Kodim 1708/BN, Kapolres Biak, Komandan Satrad 242 dan undangan lainnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selesai melaksanakan upacara pembukaan, para survivor yang berjumlah 30 orang melaksanakan survival darat seperti kompas siang, mendirikan bivak dan kompas malam dilanjutkan gerakan perorangan seperti menembak pistol, menembak Senapan, Rapeling, Merayap Tali dan  Lempar Pisau di kawasan Markas Batalyon Komando 468 Sarotama Biak. Keesokan harinya akan dilaksanakan demo flypass pesawat CN-235 dari Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak para peserta  melakukan praktek sea survival seperti renang beregu, penyeberangan basah, dayung dan membalikkan perahu.

Baca juga:  Danlanud Adisutjipto Pimpin Upacara Peringatan ke-73 Hari Bakti TNI AU

Pelaku latihan datang dari satuan-satuan jajaran Koopsud III berjumlah 30 personel terdiri dari personel Makoopsud III tiga orang, Makosek III tiga (3) orang, Lanud Pattimura empat (4) orang, Lanud Leo Wattimena empat (4) orang, Lanud Dumatubun tiga (3) orang, Lanud I.G Dewanto dua (2) orang, Skadron Udara 27  tujuh (7) orang, Satrad 242 dua (2) orang dan Satrad 245 dua (2) orang.

Dalam latihan ini selain melibatkan alutsista TNI Angkatan Udara peswat CN-235 dari Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak, 1 speedboat dan 6 LCR, serta 1 life raft. Dalam latihan ini melibatkan lebih kurang 130 personel yang terdiri dari Kolat, pelatih, pendukung dan pelaku.

Menurut Kas Koopsud III Marsma TNI Donald Kasenda,S.T.,S.I.P.,M.M, latihan Survival Tempur “ Digdaya Yudha” bertujuan untuk menghadapi kemungkinan kondisi darurat yang diperkirakan akan terjadi, serta melatih dan meningkatkan kemampuan  dan ketrampilan personel agar mampu bertahan hidup saat mengalami keadaan darurat secara terbatas setelah melaksanakan  emergency landing atau ditching. Selain itu latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan dalam merencanakan dan mengendalikan mekanisme kegiatan latihan survival tempur secara tepat guna dan berhasil guna.

Baca juga:  Danlanud Rsn : “Jangan Pernah Sekali-kali Mencoba Narkoba”

Pada Latihan ini, para peserta akan survival darat  para pelaku bergerak keluar dari Makoopsud III melaksanakan kompas siang, praktek membuat bivak  serta praktek bertahan hidup dan mencari makanan di alam (makan ular), dilanjutkan  kegiatan kompas malam di akhiri Konsolidasi survivor di Markas Batalyon Komando 468 Sarotama Biak.    Selesai melaksanakan survival air  para pelaku survival air dengan melaksanakan empat tahapan latihan yaitu tahap survival atau tahap survive, tahap evasion yaitu tahap untuk menghindari pengamatan/penangkapan musuh,tahap daya tahan tubuh dalam kondisi darurat atau tahap resistance dan tahap meloloskan diri dari daerah musuh atau disebut escape. Empat tahapan dikenal dengan istilah SERE yaitu survive, evasion, resistance dan escape. Kegiatan ini di maksudkan para survivor dapat  mengaplikasikan teknik, prosedur dan mekanisme pelaksanaan SERE, melaksanakan pencarian dan pertolongan di medan tempur, pungkas Letkol Pnb. Yoga Wiwit selaku Komandan Latihan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel