Berita

Korpaskhas Terlibat Latihan Passus TNI Dengan CTOC Thailand

Dibaca: 28 Oleh 27 Mei 2015Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Bangkok. Rabu. (27/05) – Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI untuk terlibat dalm latihan dengan Negara tetangga Thailand. Rencananya TNI akan melibatkan pasukan khusus dari ke tiga matra nya yakni Kopassus, Korps Marinir dan Korpaskhas, sedangkan Thailand akan menurunkan pasukan khususnya yang dinamai Counter Terroist Operation Center (CTOC).

Saat ini pembahasan rencana latihan tersebut sedang dilakukan di Bangkok-Thailand yang dimulai sejak tanggal 25 Mei 2015. Dalam rencana latihan yang sedang berlangsung, direncanakan aplikasi latihan dilaksanakan selama kurang lebih sepuluh hari pada bulan Nopember 2016 mendatang di Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul Bogor dengan melibatkan sebanyak 42 personel yang terdiri dari 30 personel Team Assault dan 12 personel Team Snipper dari ketiga matra TNI.

Fokus pelatihan pasukan khusus kedua Negara tersebut lebih tertuju pada Building Assault dan SMME Trending Topic Terrorist Attack dengan lima kemampuan yakni Building-Aircraft-Ship-Train dan Bus. Rencananya pelatihan akan digelar setiap lima tahun sekali secara bergilir (Exchange Venue)

Baca juga:  Yasarini Lanud Husein Buka Bersama dan Berbagi

Delegasi TNI yang dipimpin oleh Kol Inf Raharyono Paban VII/ Latma Sops TNI dengan anggota Danyonko 464 Paskhas Letnan Kolonel Pasukan Dicky Lukman Wijaya, Wadansat 81 Gultor Kopassus Letkol Inf Murbianto, Dantim Alfa Denjaka Marinir, Pabandya Renops Letkol Inf Rudi dan Pabanda Renops Mayor Laut Iwan akan mengakhiri kegiatan penyusunan rencana latihan pada 29 Mei 2015 mendatang.

Dalam pelaksanaan aplikasi latihan mendatang, sesuai kebijakan pimpinan TNI telah menunjuk Wadanjen Kopassus sebagai Direktur latihan dan Danden Jala Mengkara sebagai Wadirlat, sementara Komandan Satuan 81 Gultor-Kopassus sebagai Komandan Satuan Tugas TNI.*

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel