TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Korpri Melayani, Bekerja dan Menyatukan Bangsa

By 29 Nov 2018 Berita
KOP_8458

TNI AU. Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II Marsda TNI Henri Alfiandi bertindak selaku Inspektur Upacara Pada Upacara Peringatan HUT Ke-47 Korpri Unit TNI Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018 bertempat di Lapangan Apel I Makoopsau II. Sedangkan yang bertindak selaku Komandan Upacara PNS Muh. Arifin Subu, S.E., Tur Binpotdirga Lanud Sultan Hasanuddin sekaligus sebagai Pamong Pramuka Saka Dirgantara Tingkat Daerah Sulawesi Selatan, Kamis (29/11).Β  Upacara tersebut turut dihadiri oleh Kasdam XIV Hasanuddin, Pangkosekhanudnas II, Danlantamal VI Makassar, Danlanud Sultan Hasanuddin, para Pejabat TNI baik dari Kodam XIV Hasanuddin maupun Koopsau II, Kosekhanudnas II, Lantamal VI Makassar dan Lanud Sultan Hasanuddin serta para Perwira, Bintara, Tamtama dan seluruh Pegawai Negeri Sipil yang tergabung dalam Korpri Unit TNI Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam peringatan HUT Ke- 47 Korpri Tahun 2018 mengambil Tema β€œKorpri Melayani, Bekerja dan Menyatukan Bangsa” mengandung makna bahwa Korpri senantiasa mengimplementasikan isi dari Panca Prasetya Korpri yaitu lebih mengutamakan kepentinganΒ  negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi mengatakan bahwa selama 47 tahun, Korpri beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. Jajaran Aparatur Sipil Negara telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. Jajaran Aparatur Sipil Negara juga ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme.

Atas peran-peran besar tersebut, Presiden atas nama seluruh rakyat lndonesia menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Apa yang telah kita capai sampai hari ini, tidak terlepas dari peran serta jajaran Aparatur Sipil Negara yang bekerja di semua sektor, semua level pemerintahan, dan semua wilayah di Indonesia serta perwakilan di luar negeri. Apresiasi sebesar-besarnya dari kami untuk para aparatur sipil negara yang bertugas di daerah terpencil dan di pulau-pulau terluar yang bekerja penuh dedikasi dengan segala keterbatasan yang dihadapi. untuk itu, pemerintah selalu memberikan prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara melalui peningkatkan penghasilan serta dukungan terhadap jaminan kesehatan, perumahan dan pensiun. sekali lagi kami menyampaikan banyak terima kasih.

Lebih lanjut Presiden mengatakan bahwa upaya untuk memberikan yang lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara harus selalu ditingkatkan. Dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, aparatur sipil negara juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman. Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara.

Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh – sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. mau tidak mau, aparatur sipil negara harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

Diakhir sambutannya Presiden mengharapkan kepada seluruh AparaturΒ  Sipil Negara di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor, untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-programnya masing-masing. Semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral bahkan juga lintas daerah. dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin Aparatur Sipil Negara bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Sementara Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi dalam Acara Syukuran menyampaikan bahwa peringatan hari jadi Korps Pegawai Negeri Sipil seperti ini, pada hakekatnya mengandung makna yang dalam, bukan hanya sekedar sebuah peringatanΒ  rutinΒ Β  belaka, melainkan sebagai bahan evaluasi dan introspeksi atas keberadaannya selama 47 tahun, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan dalam meningkatkan profesionalitas Korpri ke depan.

Kita menyadari, konsekwensi yang dituntut dari seorang Pegawai Negeri Sipil, karena disamping tanggung jawabnya sebagai abdi negaraΒ  yang profesional, PNS juga dihadapkan dengan dinamika birokrasi yang tidak ringan, namun Pangkoopsau II optimis bahwa para PNS dibawah naungan Korpri Unit TNI khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan dapat bertransformasi menjadi birokrat yang produktif, profesional dan akuntabel.

Untuk itu, pupuklah semangat juang untuk menjadi PNS yang mampu menjalankan peran dengan sebaik-baiknya, berikanlah pelayanan birokrasi yang makin cepat, akurat dan semakin lebih baik, untukΒ Β Β Β Β Β  ikut Β mewujudkan good governance di semua lini. Tingkatkan kerjasama produktif di lingkungan TNI, sehingga PNS mampu merespon berbagai tantangan secara konstruktif dengan menciptakan terobosan dan inovasi dalam memberikan layanan terbaik ujar Henri Alfiandi.

Alumni AAU Tahun 1988 ini berharap kepada seluruh anggota Korpri Unit TNI Provinsi Sulsel untuk dapat meningkatkan pembinaan jiwa Korps Pegawai dan kualitas pelayanan dalam mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi, bekerja keras dan kerja cerdas dalam pengabdian kepada bangsa dan negara pungkasnya.

Pada pelaksanaan Upacara ini juga diserahkan Piagam Tanda Kehormatan Presiden Republik Indonesia secara simbolis berupa Satya Lancana Karya Satya Oleh Inspektur Upacara Marsda TNI Henri Alfiandi kepada PNS Ferdinan Sitompul, Jabatan Tur Harfas Subsibin BTB Sifasint Dislog Lanud Sultan Hasanuddin.

Disaat pelaksanaan Syukuran dilakukan pemotongan tumpeng Oleh Pangkoopsau II, Kasdan XIV Hasanuddin dan Komandan Lantamal VI Makassar dan selanjutnya diserahkan kepada Pegawai Negeri Sipil Yang akan Purna Bakti yaitu, PNS Marta Tangibau dari Angkatan Darat, PNS Syarifuddin dari Angkatan Laut dan PNS Abu Talib dari Angkatan Udara.

Ketua Panitia HUT Ke-47 Korpri Unit TNI Provinsi Sulsel PNS St. Herlina Rajab, S.Sos mengatakan bahwa adapun rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi ceramah Psikologi, Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Panaikang, Anjangsana ke Wredatama di masing-masing satuan Unit Kerja, olah raga bersama berupa gerak jalan santai dan senam aerobik dan yang terakhir adalah upacara dilanjutkan syukuran.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korpri Melayani, Bekerja dan Menyatukan Bangsa