Berita

Kosek Hanudnas II Force Down Pesawat Asing Tanpa Ijin

Dibaca: 27 Oleh 04 Nov 2014Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Kosek Hanudnas II yang dipimpin langsung Panglima Kosekhanudnas II Marsekal Pertama TNI Tatang Harlyansyah, S.E, Melaksanakan Operasi penyergapan terhadap pesawat tanpa ijin yang melintas di wilayah Kosekhanudnas II, Senin (3/11).

Berawal dari pengecekan flight plan Thales dan TDAS terhadap lasa unschedule pesawat yang belum ada ijin akan melintas di atas wilayah Indonesia. Pesawat dengan callsign HZ103 yang mencurigakan masuk tanpa ijin dan dokumen resmi pada pukul 11.59 WITA . Pesawat ini semula akan melaksanakan penerbangan dengan rute dari Arab-Singapore-Darwin.

Panglima Kosekhanudnas II langsung merespon dan memerintahkan Asintel Kosekhanudnas II Letkol Pnb Bambang Juniar untuk menyelidiki status pesawat tersebut, serta memerintahkan Asops Kosekhanudnas II Kolonel Pnb Fajar Adriyanto agar segera menyiapkan pesawat Sukhoi 27/30.

Dengan cepat Panglima Kosekhanudnas II memerintahkan dua pesawat Sukhoi 27/30 dengan call Sign Thunder Flt dengan Penerbang Thunder 1 Wanda dan Vincent serta Thunder 2 Tamboto dan Ali untuk segera terbang dan menyergap sasaran.

Pukul 13.13 WITA Thunder Flt dengan cepat terbang menuju sasaran, dan pada pukul 13.48 Thunder Flight Radar Contact dengan target pada Georef WFDG 1515 Range 48 NM Bearing 120 dengan data FL: 410, Sp: 450, Hdg: 120, IFF:2262. Pangkosek II memerintahkan kepada Thunder Flt untuk melakukan pemaksaan mendarat (Force Down) ke Lanud Eltari Kupang. Dan pukul 14.26 Wita Pesawat GLF4 jenis jet engine mendarat di Lanud Eltari Kupang.

Baca juga:  AKRS DI TMP KUSUMA DHARMA PEKANBARU

Setelah mendarat di Lanud Eltari Kupang Kedua penerbangnya langsung diinterogasi/diperiksa oleh Polisi Militer dan Perwira hukum Lanud Eltari Kupang. Diketahui pesawat tersebut membawah penumpang 7 orang dengan 6 orang crew. Saat penangkapan info awal diketahui Captain Pilot Waleed Abdulla Zis.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel