Berita

Kosek Hanudnas II Laksanakan Latihan Hanudnas Cakra B/12

Dibaca: 26 Oleh 20 Apr 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Pangkosek Hanudnas II, Marsma TNI Agoes Haryadi yang bertindak selaku Dirlat pada latihan Manuver Lapangan Hanudnas Cakra B/12 yang berlangsung selama dua hari 18-19 April 2012di Balikpapan, memerintahkan “Siaga 1, Waspada Merah, Siap tempur 3” kepada unsur TS dengan pesawat Sukhoi SU-27/ 30 dalam kondisi siap diterbangkan untuk melakukan identifikasi visual dan penindakan baik pengusiran, Force Down serta penghancuran terhadap kekuatan udara negara asing yang tertangkap radar dan telah melanggar wilayah udara nasional Indonesia.

Diketahui bahwa kekuatan udara negara asing yang termonitor dari Posek Hanudnas II melakukan unjuk kekuatan dengan melakukan penerbangan provokasi dalam rangka mewujudkan kekuatan politiknya untuk menguasai SDA yang berada di wilayah NKRI di jalur ALKI II dengan mengintai di wilayah Ambalat dan di Bontang dan seringkali melakukan penerbangan pengintaian yang melanggar jalur penerbangan wilayah udara nasional Indonesia.

Guna menindaklanjuti kondisi tersebut, Satuan Radar jajaran Kosek Hanudnas II melaporkan langsung dan meningkatkan intensitas operasi untuk memotong garis perhubungan udara lawan dengan cara menghancurkan kekuatan udara asing tersebut yang memasuki wilayah udara Indonesia dengan melibatkan unsur TS sebagai Interceptor.

Hal tersebut merupakan rangkaian skenario kegiatan Latihan Hanudnas Cakra B/12 yang melibatkan unsur Satuan Radar di jajaran Kosek Hanudnas II, unsur TS dengan pesawat Sukhoi SU-27/30, unsur SAR dengan pesawat Helly Nas 332 dan pesawat intai Boeing 737 sebagai bulsi dengan total personel yang terlibat sebanyak 405 orang.

Latihan ini bertujuan untuk menguji dokrin prosedur dan sistem kodal Hanud guna menjamin kesiapsiagaan unsur Hanud TNI AU dalam sistem pertahanan udara nasional.

Berkat kesiapsiagaan jajaran Kosek Hanudnas II dan seluruh satuan samping yang terlibat, segala kegiatan yang berdampak kepada terganggunya kedaulatan, keselamatan dan kesatuan negara dapat diatasi.

Dengan digelarnya Latihan Cakra B/12 diharapkan untuk memantapkan prosedur pelaksanaan Operasi Pertahanan Udara Nasional bersama seluruh jajaran dan sistem komunikasi dalam mendukung kelancaran Operasi Pertahanan Udara Nasional untuk menjaga kedaulatan wilayah udara.

Sebelum pelaksanaan latihan Cakra B/12, Makosek Hanudnas II juga melaksanakan Latihan Kilat B/12 selama 2 hari dimulai dari tanggal 16 – 17 April 2012.

Baca juga:  Terbang Malam syarat mutlak seorang pilot

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel