Berita

Kosek Hanudnas IV Laksanakan Latihan dan Operasi

Dibaca: 48 Oleh 28 Mar 2015Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Wilayah udara suatu negara merupakan satu kesatuan yang utuh bagi kedaulatan sebuah negara, untuk dapat menegakkan kedaulatan di udara dan mempertahankan keutuhan wilayah udara Nasional tersebut maka perlu adanya Operasi Pertahanan Udara dan Latihan yang dilaksanakan secara terus menerus, baik pada masa damai maupun pada masa perang.

Kosek Hanudnas IV sebagai bagian Komando Pertahanan Udara Nasional melaksanakan Latihan dan Operasi dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Kosek Hanudnas IV dan jajaran dalam mengamankan wilayah udara yurisdiksi Nasional yang merupakan tanggung jawab Kosek Hanudnas IV diwilayah timur Indonesia.

Bertindak selaku Dirlat (Direktur Latihan) Panglima Kosek Hanudnas IV Marsekal Pertama TNI Fachri Adamy, dan kegiatan yang dilaksanakan Kosek Hanudnas IV mulai tanggal 12 s/d 31 Maret 2015 adalah :

  1. Operasi Tangkis Sergap adalah operasi yang dilaksanakan sepanjang tahun 2015, dengan kegiatan pengamatan udara oleh Satrad, Identifikasi oleh Kosek Hanudnas IV serta penindakan oleh pesawat tempur yang melibatkan semua unsur Hanudnas. CAP (Combat Air Patrol) merupakan bagian proses identifikasi visual terhadap penerbangan yang melintas diwilayah udara yurisdiksi Nasional yang tidak tercover oleh Radar dengan sasaran pulau terluar, batas teritorial dan jalur penerbangan Internasional serta pengamanan obyek vital.
  2. Latihan Kilat adalah latihan peroranganyang bertujuan untuk menguji kemampuan personel GCI (Ground Control Interception)  Satrad-satrad yang ada dibawah jajaran Kosek Hanudnas IV dengan pesawat tempur Sukhoi dari Skadron Udara 11 Lanud Hasanudin Makassar.
  3. Latihan Cakra adalah untuk melatih kemampuan personel Kosek Hanudnas IV dan unsur jajaran dibawahnya dengan melaksanakan Latihan Pertahanan Udara dari ancaman pesawat asing yang melintas diatas wilayah udara yurisdiksi Nasional, adapun kegiatan latihan yang dilaksanakan adalah Deteksi (pengamatan), Identifikasi (pengenalan) dan penindakan dengan cara pengusiran, penghancuran dan pemaksaan mendarat (Force down)

Unsur yang terlibat dalam Latihan di Kosek Hanudnas IV adalah dari Kohanudnas, Kosek Hanudnas IV, Satrad 242 Tanjung Warari, Lanud Manuhua Biak, Batalyon Komando Paskhas 468 Sarotama, Skadron Udara 11 Lanud Hasanudin Makassar, Skadron Udara 5, Skadron Udara 31 Lanud Halim PK, Skadron Udara 8 Lanud Atang Sanjaya dan MCC Radar Sipil Biak.

Adapun Tema latihan yang dilaksanakan di Kosek Hanudnas IV tahu 2015 ini adalah “Kosek Hanudnas IV beserta Jajarannya Melaksanakan Operasi Pertahanan Udara Secara Terpadu di Wilayah Tanggung Jawabnya Dalam Rangka Memelihara Integritas dan Kedaulatan Wilayah Udara Nasional”.

Baca juga:  PERGANTIAN PENGURUS PIA AG CAB 8/ D II LANUD SULTAN HASANUDDIN

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel