Berita

KOSEKHANUDNAS I BAHAS ORGAN WANITA

Dibaca: 24 Oleh 20 Mei 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Guna memberikan pengetahuan seluruh personel Kosekhanudnas I baik militer maupun PNS, khususnya kaum wanita Kakes Kosekhanudnas I Mayor Kes Bambang Suwarso mengundang nara sumber dari Kepala Klinik Kandungan Ruspau Kolonel Kes Dr. Fritz R.M, SpOG dalam ceramah kesehatan mengenai kanker leher rahim di aula Iskandar Makosekhanudnas I, Kamis (14/1).

Seminar kesehatan yang mengambil inti pembahasan tentang bahaya kanker leher rahim ini merupakan jenis kanker yang paling banyak pengidapnya di Indonesia. Dalam ceramahnya mengatakan, kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik yang menyerang leher rahim dan diikuti dengan gejala-gejala seperti terjadinya pendarahan setelah berhubungan, pendarahan sesudah menopause, pendarahan di luar masa haid, dan mengeluarkan cairan dari kemaluan yang berwarna kuning dengan bau yang tidak sedap dan biasanya bercampur darah.

Pencegahan terhadap kanker serviks dapat dilakukan dengan program screnning dan pemberian vaksinasi serta dilakukannya program deteksi dini melalui Pap Smear berkala yang dilakukan tiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan ini mudah, murah, dan efektif untuk mendeteksi dini adanya sel abnormal akibat HPV.

Baca juga:  Tim TNI AU Peduli Lombok Peringati HUT RI ke-73 di Posko Pengungsian

Diakhir ceramahnya Kolonel Kes Dr. Fritz R.M, SpOG mengharapkan seluruh personel Kosekhanudnas I baik militer maupun PNS, khususnya kaum wanita terlepas dari penyakit yang membahayakan ini minimal dengan mendeteksi secara dini karena kanker leher rahim yang ditemukan pada stadium dini mudah untuk disembuhkan.

(Pentak Kosekhanudnas I)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel