Berita

Kosekhanudnas I Laksanakan Latihan Hanud Cakra A/15

Dibaca: 5 Oleh 09 Mar 2015Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I (Kosekhanudnas I) telah melaksanakan latihan pertahanan udara Cakra A/15 tahun anggaran 2015 selama dua hari mulai 5 Maret sampai 6 Maret 2015. Latihan Hanud Cakra A/15 tahun 2015 ini dipimpin oleh  Panglima Kosekhanudnas I Marsekal Pertama TNI Fahru Zaini Isnanto SH, MDS selaku Direktur Latihan di Pusat Operasi Sektor Kosekhanudnas I, Jakarta, Senin (9/3).

Latihan ini merupakan rangkaian latihan pertahanan udara di Kosekhanudnas I yang sebelumnya telah melaksanakan latihan Kilat A/15 tahun 2015 bagi para Ground Control Interception (GCI). Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan tiap-tiap unsur dalam berkomunikasi, bekerja sama dan berkoordinasi menghadapi setiap potensi ancaman yang ada di wilayah udara nasional.

Selain itu, komunikasi, kerjasama dan koordinasi yang baik antar unsur-unsur akan memaksimalkan pencapaian target yang tepat. Seperti dijelaskan Panglima dalam kesempatan briefing pagi bahwa kerjasama dan koordinasi sangat penting dalam pelaksanaan operasi pertahanan udara. “Antara unsur radar yang mengidentifikasi dengan unsur pesawat tempur sergap dan Denhanud yang melakukan penindakan serta pusat operasi sektor (Posek) sebagai pengendali harus terjalin komunikasi yang baik,” tegasnya.

Baca juga:  KASAU : “Tahun 2020 Saat Yang Tepat Untuk Mulai Menyiapkan Diri

Saat menutup latihan, Panglima juga mengatakan dengan berakhirnya latihan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan profesional serta kesiapsiagaan seluruh unsur pertahanan udara sehingga terwujud sistem pengamatan dan penangkalan yang handal terhadap setiap bentuk ancaman di wilayah udara nasional guna mendukung tugas Kohanudnas.

Dalam latihan Cakra A/15 ini juga dilaksanakan simulasi penembakan ground to air menggunakan senjata QW dari batalyon arhanud 471 Paskhas. Unsur-unsur yang terkait dalam latihan ini meliputi unsur radar jajaran Kosekhanudnas I, 1 flight pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan Denhanud 471 Paskhas beserta unsur pendukung lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel