Berita

KOSEKHANUDNAS I TERLIBAT SEBAGAI SATGAS HANUD DALAM ANGKASA YUDHA 2013

Dibaca: 11 Oleh 31 Okt 2013Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Kosekhanudnas I terlibat dalam latihan puncak TNI Angkatan Udara yaitu Angkasa Yudha 2013. Gedung Pusat Operasi Sektor Kosekhanudnas I yang sering disebut Posek dijadikan sebagai pusat Komando Tugas Gabungan Udara (Kogasgabud) dalam latihan kali ini, Jakarta. Rabu, (30/10).

Angkasa Yudha merupakan latihan untuk menguji kesiapan dan doktrin TNI Angkatan Udara yang menitikberatkan fungsi dari koordinasi, kerjasama dan keterpaduan pola operasi udara antara satuan-satuan tugas dalam satu komando pengendalian oleh Kogasgabud.

Kosekhanudnas I sendiri terlibat sebagai Satuan Tugas Pertahanan Udara (Satgas Hanud) melalui berbagai unsur diantaranya unsur tempur sergap, unsur radar, unsur dahanud/meriam hanud, unsur penerbangan sipil, unsur hanud pasif dan unsur KRI berkemampuan hanud.

Tugas pokok Satgas Hanud adalah melaksanakan operasi hanud pada setiap tahap operasi gabungan dengan melaksanakan deteksi, identifikasi, penindakan dan perlindungan udara oleh unsur radar, KRI berkemampuan hanud, pesawat buru sergap, rudal hanud, serta menyiagakan hanud pasif untuk melindungi obyek vital nasional secara mandiri atau bekerja sama dengan satuan TNI lainnya dalam rangka mendukung tugas pokok Kogasgabud.

Baca juga:  Pelepasan Siswa Kelas XII SMA Angkasa Lanud Sulaiman Tahun 2015

“Diharapkan dengan keterlibatan Kosekhanudnas I dalam latihan Angkasa Yudha 2013 ini, dapat terus mengasah kesiapsiagaan Kosekhanudnas I dalam operasi pertahanan udara dan mewujudkan prinsip kesatuan komando pengendalian dalam dukungan pelaksanaan operasi udara yang dilakukan TNI AU”, seperti dikatakan Pangkosekhanudnas I Marsekal Pertama TNI Tri Budi Satriyo, S.IP, M.M saat ditemui di ruang Posek.

Dalam latihan Angkasa Yudha 2013 kali ini, bertindak selaku Pangkogasgabud adalah Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI M. Syaugi, S.Sos dan selaku Kepala Staf Kogasgabud adalah Pangkosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Sungkono, S.E, M.Si.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel