Berita

KOSEKHANUDNAS I UNSUR PELAKSANA LATIHAN PERKASA “A” 2011

Dibaca: 8 Oleh 25 Jul 2011Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Kosekhanudnas I sebagai unsur pelaksana Latihan Hanud Perkasa “A” 2011 melaksanakan serangkaian kegiatan simulasi dalam rangka pengamanan dan pertahanan wilayah udara nasional dibawah Kohanudnas sebagai komando atas di ruang Pusat Sektor Operasi Kosekhanudnas I, Jakarta, Jum’at (22/7).

Latihan yang berlangsung selama 2 hari (21-22 Juli 2011) ini dimulai dengan latar belakang bahwa makin meningkatnya penerbangan gelap oleh pesawat asing yang melanggar wilayah udara nasional Indonesia yang sering memanfaatkan kelemahan kekuatan udara RI di Laut Jawa dan Selat Sunda.

Diskenariokan bahwa, Satuan Radar 211 Tanjung Kait dan 216 Cibalimbing menangkap pesawat asing yang dicurigai bergerak menuju Jakartamelalui selatan Pulau Jawa melakukan penerbangan yang tidak sesuai dengan prosedur tetap Kohanudnas. Setelah tertangkap radar, diketahui bahwa pesawat asing tersebut adalah pesawat musuh yang selama ini sering melanggar wilayah udara nasional.

Kemudian, Pangkosekhanudnas I Marsekal Pertama TNI Mochamad Barkah segera memerintahkan unsur tempur sergap pesawat F-5 Tiger untuk segera melaksanakan tindakan identifikasi sampai dengan tindakan pengusiran ataupun penghancuran.

Baca juga:  KOMANDAN LANUD SOEWONDO NEMBAK PISTOL

Tidak hanya itu, latihan ini juga mensimulasikan bahwa KRI Teuku Umar, Dahanud Dam Jaya dan Denrudal 003 juga telah mengalami serangan yang dilakukan oleh pesawat musuh. Namun, dengan kesiapsiagaan seluruh unsur yang terkoordinasi dan atas perintah komando atas, baik KRI Teuku Umar Dahanud Dam Jaya dan Denrudal 003 berhasil menghancurkan pesawat musuh.

Selain itu, juga dilaksanakan kegiatan Force Down terhadap pesawat musuh di Lanud Halim Perdana Kusuma.

Latihan Perkasa “A” 2011 ini, mengoperasikan dan mengendalikan unsur-unsur tempur yang dibawah kendali operasi Kohanudnas antara lain 1 flight pesawat tempur F-5 Tiger, 1 satuan tembak Denrudal 003, unsur hanud pasif di Batan Puspitek Serpong dan KRI Teuku Umar.

Kegiatan ini melibatkan para Asisten dan seluruh personel Kosekhanudnas I.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel