Berita

Kosekhanudnas II Peringati Nuzulul Qur’an Ramadhan 1440 H

Img 2676
#TNIAU 

TNI AU.  Kosekhanudnas II peringati Nuzulul Qur’an 1440 H/2019 M dengan menggelar ceramah agama yang menghadirkan penceramah bapak Ustadz Dr Syahrir Nuhun, Lc, M.Thi Acara bertempat di Masjid Al – Khabiir, Mako Kosekhanudnas II dihadirini oleh para Asisten dan seluruh anggota warga Kosekhanudnas II.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu diawali dengan sambutan Pangkosekhanudnas II Marsma TNI Yulianta, S.I.P,. M.Tr (Han). mengajak seluruh yang hadir dalam acara peringatan tersebut, untuk bersyukur terhadap nikmat yang selama ini diterima.

Pada kesempatan tersebut, Pangkosekhanudnas II menekankan pentingnya untuk mengambil hikmah dari peringatan Nuzulul Qur’an ini, sehingga dapat menambah keimanan dan ketaqwaan serta ketaatan dalam menjalankan syariat agama Islam. juga mengingatkan pentingnya mempelajari Al Qur’an.

Sementara itu penceramah ustadz Dr Syahrir Nuhun, Lc, M.Thi dalam tausyiahnya menceritakan sejarah turunnya Al Qur’an. Menurutnya, Al Qur’an yang merupakan kitab suci bagi umat Islam, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dengan jangka waktu dan dilaksanakan secara bertahap serta situasional, yaitu selama 22 tahun, 22 bulan dan 22 hari atau dibulatkan menjadi selama 23 tahun.

Proses turunnya pun melalui malaikat Jibril dengan dua tempat yang berbeda yaitu di Kota Mekah yang kemudian disebut dengan surat-surat Makiyah, dan yang diturunkan di kota Madinah disebut surat-surat Madaniyah. Memperhatikan proses turunnya Al Qur’an tersebut, maka dapat diambil hikmah dan pelajaran bahwa segala sesuatu untuk menuju kesuksesan diperlukan suatu standar dan melewati prosedur serta perencanaan yang matang. Oleh karena itu ada korelasi antara peringatan Nuzulul Qur’an ini dengan tugas dan pengabdian prajurit, yaitu dalam melaksanakan tugas yang diemban harus sesuai dengan fungsi dan prosedur serta adanya kepercayaan dan loyalitas.

Sedangkan kaitannya dengan landasan moral, Al Qur’an memiliki peran sebagai petunjuk, pembeda antara yang haq (benar) dan yang bathil (salah) serta sebagai Assyifa atau obat dan penyembuh. Hal ini sesuai tema peringatan yaitu “Melalui Nuzulul Qur’an 1440 H/2019 M Kita tingkatkan Iman dan Takwa prajurit dan pns TNI AU dalam rangka tugas pokok TNI.”

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel