TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kosekhanudnas II Peringati Nuzulul Qur’an

By 15 Jun 2017Berita

TNI AU,    Peristiwa Nuzul Quran sebagai anugerah yang luar biasa dari Allah Subhanahu Wata’ala yang berkenan menurunkan Al Qur’an kepada seluruh umat di jagat raya ini melalui Nabi yang dipercayai yaitu Muhammad SAW. Peringatan Nuzul Quran di Masjid Al-Khabiir Kosekhandnas II, Rabu (14/6). Hadir pada kesempatan ini, Para Asisten, Perwira,Bintara,Tammtama, PNS dan Ibu-ibu IKKT Kosekhanudnas II.

Dalam sambutannya Pangkosekhanudnas II yang diwakili oleh Asisten Intelijen Kolonel Sus Marta Gunawan menyampaikan bahwa, Turunnya Al Quran ke bumi diistilahkan sebagai Nuzul untuk memberi petunjuk kepada manusia sekaligus menyatakan keberadaannya bagi seluruh isi semesta alam ini. Untuk itu umat manusia dihimbau agar lebih bisa menerapkan pedoman ajaran dalam Al Qur’an terhadap dirinya masing-masing.

Hikmah Nuzulul Quran terutama dalam bulan suci Ramdhan ini membuat manusia lebih berintropeksi diri seperti apakah sudah benar-benar mengimani Al Qur’an dengan segenap hati tanpa ada keraguan sedikitpun, sudah sejauh mana kemampuan diri dalam mempelajari lembaran ayat beserta makna dalam kitab Al Qur’an, berapa jumlah halaman mushaf Al Qur’an yang dibaca setiap hari, sudah berapa banyak amalan yang dilakukan sesuai dengan ayat yang dibaca dan sebagainya. Disinilah, hikmah Nuzul dari Quran dalam bulan Ramadhan sebagai pedoman hidup manusia, dengan segala penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda diantara yang batil dan haq. Terdapat dalam Al Qur’an surat Al Baqarah (2 :185).

Kitab hidayah Al Qur’an diturunkan dari Lauh al Mahfudz pada suatu waktu ke seluruh semesta jagat raya ( Bait al-Izzah) di malam Lailatul Qadar, lalu diturunkan secara terus menerus selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. lamanya kepada Nabi Muhammad SAW ( riwayat HR Hakim dan Baihaqi). Akhirnya Nuzul Qur’an diperingati sebagian umat muslim berdasar tanggal pertama kali Al Quran diturunkan pada Nabi Muhammad SAW di gua Hira. Termasuk diantaranya umat Islam di Indonesia juga meyakini 17 Ramadhan sebagai Nuzulul Qur’an. “ Terang Ustadz DR. H. Syahrir Nuhun, L.c., M.Th.I “.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kosekhanudnas II Peringati Nuzulul Qur’an