Foto

Kosekhanudnas III Adakan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona (Covid-19)

Kosekhanudnas III Adakan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona (Covid-19)
#TNIAU 

TNI AU.  Kepala Kesehatan (Kakes) Kosekhanudnas III Mayor Kes dr. Alima Sari S, M.Ked(Paru)., Sp.P., melaksanaan sosialisasi tentang virus Corona (Covid-19), guna mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan seluruh personel militer maupun PNS Kosekhanudnas III terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19), bertempat di Gedung Balai Pertemuan Soewarto Kosekhanudnas III Medan, Senin (16/3/2020).

Dalam sosialisasi Virus Corona tersebut Kakes Kosekhanudnas III menyampaikan bahwa, Novel coronavirus (2019-nCov) adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari China. Noovel coronavirus ini merupakan bagian dari keluarga besar virus yang mungkin menyebabkan sakit pada hewan atau manusia. Pada manusia beberapa virus corona diketahui menyebabkan infeksi pernapasan yang bervariasi mulai dari flu ringan sampai kepada penyakit yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Sindrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), corona virus yang paling terakhir ditemukan menyebabkan penyakit Covid-19. Gejala umum Covid-19 adalah demam, batuk dan pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, dan lelah.

Lebih lanjut, orang dapat tertular Covid-19 dari mereka yang telah terinfeksi virus ini sebelumnya dan dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar saat orang terinfeksi batuk atau bernafas. Tetesan kecil ini akan mengenai objek atau permukaan tertentu dan akan menular jika orang yang menyentuh mengusap mata, hidung atau mulut mereka.  Sementara dari data Kemenkes secara resmi orang Indonesia yang terinfeksi positif virus corona berjumlah 27 orang,  jumlah ini bisa meningkat lagi secara signifikan apabila kita tidak waspada,” jelasnya.

Baca juga:  Pusbintal TNI Laksanakan Simulasi Pancasila di Yogyakarta

Virus ini dikabarkan telah menyerang puluhan orang dan membuat nyaris sepenjuru Asia waspada. Upaya pencegahan yang dilakukan adalah sering mencuci tangan dengan sabun, gunakan masker apabila batuk atau flu, berhati-hati kontak dengan hewan, rajin olahraga dan istirahat cukup, jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak, dan bila batuk pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan. Dalam kegiatan ini dilaksanakan penyampaian sosialisasi mencuci tangan dan menggunakan masker yang baik dan benar.

Dengan adanya sosialisasi tersebut seluruh personel militer maupun PNS Kosekhanudnas III dapat mengetahui lebih dalam bahaya virus Corona dan tetap waspada serta tidak perlu panik, melainkan selalu lakukan hidup sehat yaitu dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup, mencuci tangan dengan sabun antiseptic dan menggunakan masker bila batuk atau pilek.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel