TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kosekhanudnas III Gelar Latihan “KILAT C/18” Tahun 2018

Lat_Kilat_C_18

TNI AU. Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M. Tr. (Han), membuka pelaksanaan Latihan Operasi Pertahanan Udara yang diberi sandi Latihan “Kilat C/18“ bertempat di Ruang Yudha Posek Hanudnas III, Senin (12/2). Latihan ini dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 12 s/d 13 Februari 2018. Latihan Pertahanan Udara Nasional dengan sandi “Kilat C/18”, adalah merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan para perwira Ground Control Intercept (GCI) di jajaran Kosekhanudnas III dalam menuntun Air Intercept (AI), Air Combat Tactic (ACT) dan Dissimilar Air Combat Tactic (DACT).

Latihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan para perwira penerbang agar dapat melaksanakan tuntunan dalam AI, ACT maupun DACT, menguasai taktik dan teknik penyergapan dalam segala medan operasi, mengetahui pesawat dan persenjataan yang dioperasikan serta Scramble Time dan Combat Formation sesuai Protap Hanud. Hal ini akan terwujud apabila para peserta latihan menguasai sistem pertahanan udara dan petunjuk Protap yang telah ditentukan, serta melaksanakan sesuai aturan dan disiplin.

Kegiatan latihan tersebut diselenggarakan guna meningkatkan Profesionalisme dan kemampuan personel serta melatih menghadapi kontijensi dan situasi kritis yang mungkin timbul di wilayah Kosekhanudnas III pada masa mendatang. Hal ini juga untuk pembinaan kesiapsiagaan personel satuan radar maupun personel unsur tempur sergap yang ada dibawah kendali Kosekhanudnas III.

Adapun unsur-unsur yang terkait dalam latihan tersebut adalah unsur-unsur Kohanudnas, Kosekhanudnas III, Satrad jajaran, Lanud Soewondo, Lanud Roesmin Nurjadin, Bandara Polonia Medan, Pesawat Tempur Hawk 100/200, Pesawat Angkut F-28, dan para perwira GCI dari satrad jajaran Kosekhanudnas III.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kosekhanudnas III Gelar Latihan “KILAT C/18” Tahun 2018