Berita

KOSEKHANUDNAS III MEDAN GELAR LATIHAN HANUDNAS CAKRA “C” 2011

Dibaca: 7 Oleh 15 Apr 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Pangkosek Hanudnas III Marsekal Pertama TNI Bonar Hutagaol memerintahkan “Siaga” 1, Waspada Merah, Siap Tempur 1”, pada saat mengetahui adanya pelanggaran wilayah udara nasional oleh kekuatan udara asing melalui Pusat Operasi Sektor Makosek Hanudnas III Medan sebagai Pos Komando Pengendalian kepada unsur Howk 100/200 yang siaga di Skadron Udara 12 Lanud Pekan Baru. 

Kosek Hanudnas III beserta jajaran Satuan Radar di bawahnya menangkap kegiatan pesawat tidak dikenal yang melakukan pengintaian di wilayah NKRI khususnya di wilayah Kosek Hanudnas III. Guna menindaklanjuti kondisi tersebut, Satuan Radar jajaran Kosek Hanudnas III melaporkan langsung dan meningkatkan intensitas operasi untuk memotong garis perhubungan udara lawan dengan cara menghancurkan kekuatan udara asing tersebut yang memasuki wilayah udara Indonesia dengan melibatkan unsur TS sebagai Interceptor. 

Setelah mendapatkan perintah dari Pangkosek Hanudnas III Marsekal Pertama TNI Bonar Hutagaol , unsur TS dengan pesawat Hawk 100/200 dalam kondisi siap tempur diterbangkan untuk mengejar dan melakukan tindakan interception terhadap kekuatan udara negara asing yang tertangkap radar telah melanggar wilayah udara nasional Indonesia. 

Baca juga:  Wing III Paskhas Ikuti Upacara HUT TNI ke-71

Hal tersebut merupakan rangkaian skenario kegiatan Latihan Hanudnas Cakra C/11 Hari Pertama Kamis (14/4 ) yang melibatkan unsur dari Kohanudnas, Satuan Radar 231.232,233 dan Satrad 234 di jajaran Kosek Hanudnas III serta mengerahkan kekuatan pesawat tempur Howk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Pekab Baru , pesawat angkut berat C-130 Hercules, Helly Sar, unsur Lanud Pekan baru dan Lanud Medan dengan total personel yang terlibat sebanyak 405 orang. 

Latihan ini bertujuan untuk menguji dokrin prosedur dan sistem kodal Hanud guna menjamin kesiapsiagaan, meningkatankan profesionalisme dalam pembinaan unsur Hanud TNI AU dalam sistem pertahanan udara nasional. 

Berkat kesiapsiagaan jajaran Kosekhanudnas III Medan dan seluruh unsur yang terlibat dalam latihan , segala kegiatan yang berdampak mengancam keamanan wilayah udara NKRI khususnya wilayah sumbagut dapat diatasi. 

Digelarnya Latihan Cakra C/11 yang dimulai dari tanggal 14 sampai dengan 15 april 2011 diharapkan untuk dapat memantapkan prosedur pelaksanaan Operasi Pertahanan Udara Nasional bersama seluruh jajaran dan sistem komunikasi dalam mendukung kelancaran Operasi Pertahanan Udara Nasional untuk menjaga kedaulatan wilayah udara.

Baca juga:  CERAMAH KAPUSBINTAL TNI DI LANUD EL TARI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel