TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kosekhanudnas IV laksanakan latihan Kilat dan Cakra D 18

DSC_4328

TNI AU. Bertempat di ruang yudha Posekhanudnas, Pangkosekhanudnas IV Marsma TNI Jorry S. Koloay, S IP., M Han membuka Latihan Hanudnas di wilayah Kosekhanudnas IV Biak, Kamis (2/8). Kosekhanudnas IV sebagai bagian dari Komando Pertahanan Udara Nasional melaksanakan operasi dan latihan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Kosekhanudnas IV dan jajaran dalam mengamankan wilayah udara yurisdiksi Nasional yang merupakan tanggung jawab Kosekhanudnas IV di wilayah timur Indonesia.

Menurut Dirlat (Direktur Latihan) Panglima Kosek Hanudnas IV Marsekal Pertama TNI Jorry S. Koloay, S IP., M Han, latihan yang dilaksanakan Kosekhanudnas IV dimulai tanggal 2 s/d .8 Agustus 2018, yang meliputi :

Pertama Latihan Kilat adalah latihan perorangan yang bertujuan untuk menguji kemampuan personel GCI(Ground Control Intercept) Satrad-satrad yang ada dibawah Kosekhanudnas IV dengan penerbang pesawat tempur hawk 100/200 dari skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak, unsur yang terlibat adalah Satrad 242,243,244,245.

Kedua Latihan Cakra adalah untuk melatih kemampuan Personel Kosekhanudnas IV dan unsur jajaran dibawahnya untuk melaksanakan latihan pertahanan udara dari ancaman pesawat asing yang melintas di atas wilayah udara yuridiksi Nasional.Adapun kegiatan latihan yang dilaksanakan adalah deteksi (pengamatan), identifikasi (pengenalan) dan penindakan dengan cara pengusiran, penghancuran, dan pemaksaan mendarat (force down), yang akan dilaksanakan mulai tanggal 6 s/d 7 Agustus 2018.

Unsur yang terlibat dalam latihan di Kosekhanudnas IV adalah Kohanudnas, Kosek Hanudnas IV, Satrad dibawah Kosekhanudnas IV, Lanud diwilayah Kosekhanudnas IV (Lanud Manuhua, Lanud Silas papare Jayapura, Lanud Johanis Abraham Dimara Merauke, Lanud Yohanis Kapijau Timika, Lanud Leo watimena Morotai, Lanud patimura Ambon) Batalyon Paskhas 468 Sarotama, SkadronUdara 1 Lanud Supadio, Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma, Skadron Udara 8 Lanud Atang Sanjaya, dan MCC radar sipil Biak dengan jumlah peserta latihan sebanyak 535 personel, demikian dikatakan Pangkosekhanudnas IV saat Konfrensi Pers usai membuka Latihan Kilat di ruang Rapat kosekhanudnas IV.

Adapun tema dari latihan yang dilaksanakan di Kosekhanudnas IV adalah “Kosekhanudnas IV beserta jajarannya melaksanakan operasi pertahanan udara secara terpadu di wilayah tanggungjawabnya dalam rangka memelihara integritas dan kedaulatan wilayah udara nasional”.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kosekhanudnas IV laksanakan latihan Kilat dan Cakra D 18