Berita

Kosekhanudnas IV Tingkatkan Kesiapan dan Kewaspadaan Anggota dalam Pencegahan Kebakaran

Konsep Otomatis
#TNIAU 

TNI AU. Bahaya kebakaran merupakan sebuah ancaman yang dapat datang kapan saja dan dimana saja yang dapat menimbulkan kerugian baik materil, harta benda, bahkan keselamatan jiwa serta dapat menyebabkan gagalnya suatu misi. Untuk mencegah hal tersebut, anggota yang berada di lingkungan markas perlu meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan dalam melaksanakan pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.

Berkaitan dengan itu Kosekhanudnas IV melaksanakan simulasi latihan pemadaman kebakaran di lapangan tembak Makosekhanudnas IV. Kegiatan latihan ini turut disaksikan oleh Asintel Kosekhanudnas IV Kol Sus Basuki Wibowo, Aspers Kosekhanudnas IV Kol Adm Imam Supangat S.Sos., Aslog Kosekhanudnas IV Kol Kal Leodin Surya P.S., S.T., dan Askomlek Kosekhanudnas IV Letkol Lek Feri Eka Putra beserta segenap anggota Kosekhanudnas IV. Materi latihan Damkar dibawakan oleh Kasi Lambangja Kapten Tek Udin Guntur dari satker Lambangja Lanud Manuhua.

Pabandyalat Mayor Lek Bayu Ardiansyah, S.T., memberikan penjelasan bahwa terjadinya kebakaran disebabkan timbulnya api yang tidak dikehendaki atau disengaja yang disebabkan oleh adanya reaksi kimia dari segitiga api yang memuat tiga unsur yakni bahan bakar, udara atau Oksigen dan panas. Sementara itu Kasi Lambangja Lanud Mna menjelaskan jenis kebakaran diklarifikasi berdasarkan dengan tingkatan kelasnya dan cara bagaimana menangani adanya kebakaran dengan benar sesuai standard prosedur tetap yang ada.

Dalam latihan pemadaman kebakaran ini, diperagakan oleh pelatih pemadaman api secara tradisional maupun modern. Para peserta yang hadir dalam peragakan ini juga diberi kesempatan untuk mempraktekan langsung cara memadamkan api baik menggunakan alat tradisional maupun menggunakan alat modern. Seluruh anggota yang menyaksikan demo pemadaman tersebut cukup antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini. Hal itu terbukti dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada pelatih mengenai Damkar.

Dengan adanya latihan pemadaman ini diharapkan anggota Kosekhanudnas IV dapat memiliki pedoman dalam penanggulangan bahaya kebakaran agar dilaksanakan dengan cepat, tepat, efektif dan efesien.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel