TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kosekhanudnas I Laksanakan Latihan Hanud Cakra A/18

By 17 Apr 2018 Berita
DSC_7025

TNI AU. Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I (Kosekhanudnas I) melaksanakan latihan pertahanan udara Cakra A/18 tahun anggaran 2018 selama tiga hari mulai 16 April sampai 19 April 2018. Latihan Hanud Cakra A/18 tahun 2018 ini dipimpin oleh  Panglima Kosekhanudnas I Marsekal Pertama TNI S. Chandra Siahaan, S.IP., M.Tr (Han) selaku Direktur Latihan di Pusat Operasi Sektor Kosekhanudnas I, Jakarta, Selasa (17/4).

Latihan ini merupakan rangkaian latihan pertahanan udara di Kosekhanudnas I yang sebelumnya telah melaksanakan latihan Kilat A/18 tahun 2018 bagi para Ground Control Interception (GCI). Tujuannya adalah melatih kesiapsiagaan dan kemampuan unsur Hanud TNI AU dan radar sipil dalam rangka menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia.

Dalam pengarahannya Pangkosekhanudnas I mengatakan,  komunikasi, kerjasama dan koordinasi yang baik antar unsur-unsur akan memaksimalkan pencapaian target yang tepat, dan memperhatikan keselamatan, bagi semua unsur yang terlibat di dalam latihan ini.

Selanjutnya juga dikatakan, dengan latihan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan profesional serta kesiapsiagaan seluruh unsur pertahanan udara sehingga terwujud sistem pengamatan dan penangkalan yang handal terhadap setiap bentuk ancaman di wilayah udara nasional. “ Laksanakan tugas ini sesuai dengan SOP  masing-masing, sehingga tugas-tugas yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Dalam latihan Cakra A/18 ini, unsur-unsur yang terkait dalam latihan ini meliputi unsur radar jajaran Kosekhanudnas I, 1 flight pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, MCC bandara Soekarno Hatta dan Denhanud 471 Paskhas beserta unsur pendukung lainnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kosekhanudnas I Laksanakan Latihan Hanud Cakra A/18