TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kosekhanudnas I Laksanakan Test Kesamaptaan Jasmani

By 08 Nov 2017Berita
2017-11-08-pen-koopsauI-V-Tes-Semapta-2017-2

TNI AU.    Guna menjaga kebugaran dan stamina para anggotanya, Kosekhanudnas I kembali menggelar test kesamaptaan jasmani di Lapangan Olahraga Labda Prakarsa Nirwikara Kohanudnas, Jakarta, Rabu (8/11). Adapun tes kesamaptaan tersebut diikuti seluruh anggota Kosekhanudnas I, baik dari militer maupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kasibinjas Kosekhanudnas I Letda Kes Myanhar mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pembinaan personil khususnya dalam menjaga dan meningkatkan stamina dan ketahanan fisik bagi seluruh personel baik militer maupun Aparatur Sipil Negara Kosekhanudnas I.

“Test kesamaptaan jasmani itu penting untuk mengukur kembali stamina para anggota Kosekhanudnas I,” ujar Kasi Binjas Kosekhanudnas I. Di samping itu, juga untuk mempersiapkan personel Kosekhanudnas I secara fisik agar siaga senantiasa dalam menjalankan tugasnya.

Kesamaptaan jasmani ini terdiri atas samapta A dan B. samapta A meliputi lari mengelilingi lapangan sepak bola sesuai ketentuan yang berlaku, sedangkan samapta B meliputi gerakan pull up, push up dan sit up yang setiap gerakannya diberi waktu selama satu menit serta shuttle run yaitu lari yang membentuk lintasan angka 8 sebanyak tiga kali putaran.

Sebelum melaksanakan tes dilakukan pengecekan tekanan darah dan dilanjutkan melaksanakan kesamaptaan jasmani. “Check tekanan darah itu penting, apalagi sebelum berolahraga,” jelas Kapten Kes Rony. Setelah di-check, katanya, seseorang baru diperbolehkan atau tidak diperbolehkan untuk berolahraga. “Tekanan darah yang normal sebelum berolahraga berada pada kisaran 110/70 hingga 120/80,” tambahnya.

Hasil dari tes samapta ini nantinya akan dilaporkan ke komando atas sebagai bahan laporan serta evaluasi. Tes Samapta ini dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kosekhanudnas I Laksanakan Test Kesamaptaan Jasmani