Berita

Kosekhanudnas IV Gelar Ceramah dan Pemeriksaan HIV/AIDS

KOSKHANUDNAS IV GELAR CERAMAH DAN PEMERIKSAAN HIV /AIDS
#TNIAU 

TNI AU. Dalam rangka untuk mendeteksi dan menekan angka kasus HIV/AIDS di kabupaten Biak Numfor khususnya di wilayah kosekhanudnas IV dan Satrad 242 Tanjung Warari. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Biak Numfor dan puskesmas Sumberker, Kosekhanudnas IV menggelar ceramah Bahaya HIV/ AIDS sekaligus pemeriksaan HIV/AIDS di gedung Farsiyous Makosekhanudnas IV, Selasa (18/10). Acara ini dibuka dengan sambutan dari perwakilan Dinkes Biak Numfor Manfred A. Womsiwor.

Beliau menyampaikan kepada peserta ceramah tidak perlu khawatir tentang pemeriksaan ini sebab bahwasanya dalam pemeriksaan nanti hasil tes akan disampaikan secara khusus dan tidak disampaikan secara terbuka karena hal ini menyangkut privacy seseorang. Peserta yang telah dites nantinya akan dipanggil dalam ruangan khusus demi menjaga rahasianya.

Usai sambutan dari perwakilan Dinkes Biak Numfor kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian ceramah oleh Kakes Kosekhanudnas IV Letda Kes dr Mangoloi Sinurat, dalam ceramahnya dr Mangoloi Sinurat memberikan paparan mengenai pentingnya upaya pencegahan penularan HIV/AIDS melalui peningkatan pengetahuan dan penemuan kasus secara dini HIV / AIDS, dimana dijelaskan mengapa peserta ceramah harus mengetahui bahayanya. Kemudian dimana saja virus tersebut dapat hidup, Selain itu dalam ceramahnya dr Mangoloi Sinurat juga menjelaskan mekanisme penularan virus tersebut berdasarkan periode waktu mulai dengan gejala HIV sampai dengan AIDS dan yang terakhir berbagai macam upaya dalam pencegahnnya.

Baca juga:  Tupdik 3 Sekolah di Wingdiktekkal

Usai paparan kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengambilan sampel darah dari satu persatu anggota untuk diperiksa. Selain dilaksanakan pemeriksaan HIV /AIDS, dalam kegiatan ini turut pula diberikan obat pencegahan Filariasis atau penyakit kaki gajah yang mana penyakit ini bisa terjadi disebabkan oleh cacing Wuchereria bancrofti, Bruga malayi dan Brugia timor dikarenakan penemuan kasus penyakit kaki gajah dari tahun ke tahun semakin meningkat di wilayah kabupaten Biak Numfor.

Turut hadir dalam acara tersebut Aspers Kosekhanudnas IV Kolonel Adm Imam Supangat, S.Sos., Aslog Kosekhanudnas IV Kolonel Kal. Leodin Surya P.S.,S.T, Asintel Kosekhanudnas IV Kolonel Sus Basuki, Dansatrad 242 Tanjung Warari Letkol Lek Djoko Apriyanto serta para perwira bintara serta ASN Kosekhanudnas IV dan Satrad 242 Tanjung Warari.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel