Berita

KRITIK SECARA TERBUKA YANG BERSIFAT MENYERANG ATASAN MELANGGAR KODE ETIK KEPRAJURITAN

Dibaca: 81 Oleh 20 Sep 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Meskipun Undang Undang menjamin setiap warga negara dalam menyampaikan gagasan dan pendapatnya, namun dalam tradisi keprajuritan secara universal, ada kaidah-kaidah yang harus dipenuhi dalam menyalurkan ide dan gagasan, yakni perundang-undangan yang berlaku dan Kode Etik Keprajuritan. Berkaitan dengan hal tersebut setiap prajurit tidak dibenarkan melakukan kritik secara terbuka yang bersifat menyerang atasan baik secara organik maupun bersekala nasional, demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Imam Sufaat. S.IP yang dibacakan Palakhar Danlanud Pekanbaru, Letkol Adm Robert Simanjuntak pada Upacara Bendera Tujuh Belasan di Apron Baseops Lanud Pekanbaru, Jumat (17/9).

Namun demikian, penyaluran ide maupun gagasan yang bersifat kritikan  masih diberikan ruang, namun terbatas pada mimbar akademik, yakni pada pendidikan Sesko Angkatan/TNI dan Lemhanas.  Sedangkan untuk pembinaan olah pikir dan olah tulis bagi keluarga besar TNI AU, Kepala Staf Angkatan Udara menghimbau agar terus ditingkatkan sebagai ciri khas matra udara yang padat matrial dan berbobot teknologi dan dapat disalurkan kepada Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara melalui buku Angkasa Cendikia maupun majalah Angkasa yang diterbitkan secara periodik.

Baca juga:  PANGKOOPSAU II BUKA RAKERNIS KOOPSAU II TH. 2014

Sedangkan untuk mengantisipasi tugas-tugas kedepan, Kepala Staf Angkatan Udara menekankan pentingnya totalitas dan kesungguhan setiap prajurit dalam melaksanakan setiap tugas dan kewajiban yang telah diamanatkan negara kepada TNI Angkatan Udara.

Masih dalam suasana Idul Fitri 1431 H, pada amanatnya Kepala Staf mengucapkan selamat Idul Fitri kepada segenap keluarga besar TNI Angkatan Udara yang beragama Islam sembari menyampaikan permohonan maaf lahir bathin baik selaku pimpinan Angkatan Udara, pribadi maupun mewakili keluarga. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel