Berita

KSAU : Hari Bersejarah Dapat Menjadi Sumber Inspirasi, Keteladanan, dan Pelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pengabdian

Dibaca: 16 Oleh 29 Jul 2016Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Pengabdian dan perjuangan belum selesai, masih banyak tantangan tugas yang harus kita hadapi. Oleh karena itu, hendaknya hari bersejarah ini dapat menjadi sumber inspirasi, keteladanan dan pelajaran bagi segenap prajurit TNI Angkatan Udara dalam meningkatkan kualitas pengabdian kita kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara.

Demikian salah satu amanat Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna yang dibacakan Kasgartap II Bandung Marsma TNI Sun Sudharta selaku Inspektur Upacara pada puncak peringatan ke-69 Hari Bakti TNI AU yang digelar di lapangan apel staf 2 Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung, dengan Letkol Lek Wasito (Dansathar 42 Depohar 40) bertindak selaku Komandan Upacara serta Mayor Lek Yadi Ariesandi sebagai perwira upacara. Jum’at (29/7).

Terima kasih, rasa hormat, dan rasa bangga adalah ungkapan yang sangat pantas kita sampaikan kepada almarhum Komodor Muda Udara A. Adisucipto, Komodor Muda Udara Abdulrahman Saleh dan Opsir Muda Udara I Adisumarmo, yang telah gugur dan meninggalkan suri tauladan yang tidak ternilai harganya kepada kita, sebagai generasi penerus TNI Angkatan Udara. ”Kami bertekad untuk tetap berupaya meneruskan nilai-nilai perjuangan tersebut demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, ” kata Kasgartap II Bandung saat membacakan amanat KSAU.

Semangat pengabdian yang tulus, rela berkorban dan dedikasi yang tinggi, merupakan nilai luhur yang telah ditunjukan oleh para pelopor dan perintis TNI Angkatan Udara. Nilai-nilai luhur tersebut merupakan nilai yang bersifat kekal dan harus berkembang dan tumbuh subur dalam diri setiap prajurit TNI Angkatan Udara. ”Nilai-nilai tersebut akan tetap relevan dan tidak akan pernah rentan oleh kondisi lingkungan strategis yang terus berkembang sesuai dengan dinamika tata hubungan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Baca juga:  JABATAN ASINTEL KAS KOHANUDNAS DISERAHTERIMAKAN

Hadir sebagai tamu undangan diantaranya Wadan Koharmatau Marsma TNI Dadang Hermawan, Kadislitbangau Marsma TNI Suharto, para pejabat TNI AU dan PIA Ardhya Garini wilayah Bandung, para undangan dari perwakilan TNI AD, TNI AL, Polri serta para sesepuh TNI AU wilayah Bandung.

Tema peringatan ke-69 hari bakti TNI AU tahun ini, yaitu “Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947, TNI Angkatan Udara Bertekad Meningkatkan Darma Baktinya Untuk Bangsa dan Negara”.

KSAU mengharapkan agar tema tersebut dapat dijadikan tekad bersama dan hendaknya senantiasa menjadi sumber inspirasi bagi setiap diri seorang prajurit TNI Angkatan Udara dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Membangun bersama profesionalisme prajurit dengan tetap dilandasi oleh semangat pengabdian dan jiwa juang yang tinggi, sebagaimana tersirat dalam Saptamarga dan Sumpah Prajurit serta melaksanakan tugas-tugas seperti yang diamanahkan dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004.

Usai upacara pokok, para tamu undangan menuju gedung Cendrawasih untuk acara ramah yang diisi dengan suguhan hiburan nyanyi dan tari. Pada kesempatan tersebut Kasgartap II Bandung berkesempatan menyerahkan plakat cendera mata kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan bekerja sama untuk mensukseskan karya bakti dan bakti sosial, diantaranya kepada pihak pemerintahan Kab. Bandung, Dinas PU Bina Marga kab. Bandung, BPJS kab. Bandung, PMI kab. Bandung, dan RSAU Lanud Sulaiman.

Baca juga:  Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1437 H Di Kosekhanudnas IV

Menjelang puncak kegiatan tersebut, TNI AU Bakorda Bandung telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan berupa karya bakti dan bakti sosial. Diantaranya, Karya Bakti ”Sungai Citarum Bestari” (Bersih, Sehat, Indah, dan Lestari) telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2016, dengan melibatkan 1000 personel TNI AU di jajaran Bakorda Bandung, bersama-sama warga sekitar, instansi lembaga pemerintah pemerhati lingkungan, paguyuban Citarum dan siswa-siswi dibawah binaan Yasarini Pengurus Cabang Lanud Sulaiman.

Dalam karya bakti ”Sungai Citarum Bestari” tersebut telah dilaksanakan pengangkatan sampah, pembuangan sampah ke TPA, penimbunan sampah dan pembuatan tempat-tempat sampah, serta merapikan taman di sepanjang bantaran dan aliran Sungai Citarum sepanjang kurang lebih 3,5 km.

Kegiatan bakti kesehatan berupa Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Bazar bagi keluarga besar TNI AU dan warga masyarakat umum yang dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Juli 2016 di area Depohar 40 dan Binjas Lanud Sulaiman. Pada kegiatan tersebut dilaksanakan olahraga senam kebugaran bersama masyarakat, bazar wisata jajanan kuliner sehat dari Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung, dan pemeriksaan kesehatan gratis berupa pemeriksaan dini kanker serviks, pemeriksaan gigi dan pemberian pasta gigi diikuti 120 orang, pemeriksaan kolesterol 175 orang, pemeriksaan gula darah 265 orang, pemeriksaan asam urat 222 orang, dan pemeriksaan tensi 252 orang.

Kegiatan bakti kesehatan berupa donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kab. Bandung dan seluruh satuan TNI AU Bakorda Bandung, serta melibatkan tenaga kesehatan Lanud Sulaiman pada hari Senin, 25 Juli 2016, dilaksanakan di Gedung Cendrawasih Lanud Sulaiman. Pada kegiatan tersebut berhasil dikumpulkan 508 kantong darah untuk pemenuhan kebutuhan darah di PMI.

Baca juga:  10 PERSONEL LANUD MERAUKE NAIK PANGKAT

Bertempat di Desa Cibodas, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, hari Selasa, 26 Juli 2016, dilaksanakan kegiatan Bedah Jalan berupa pembukaan jalan penghubung dari jalan setapak menjadi jalan dengan lebar empat meter sepanjang tiga kilometer. Pada kegiatan tersebut dikerahkan lebih dari 350 prajurit bersama-sama dengan ratusan masyarakat setempat, serta didukung alat berat bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Pemda Kab. Bandung. Bedah jalan ini membuka akses jalan yang menghubungkan Desa Cibodas dan Desa Jatisari sebagai wujud kemanunggalan TNI AU dan Rakyat. Desa Cibodas dan Desa Jatisari merupakan salah satu kawasan yang juga digunakan sebagai area latihan prajurit TNI AU.

Sehari sebelum upacara ziarah, tanggal 27 Juli 2016 dilaksanakan korve kebersihan di TMP Cikutra, Bandung, yang diikuti ratusan personel TNI AU gabungan berbagai satuan di jajaran Bakorda Bandung. Keesokan harinya, pada tanggal 28 Juli 2016, untuk mengenang jasa dan menghargai pengorbanan para pendahulu dan perintis TNI AU, dilaksanakan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, dengan pimpinan rombongan Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AU Marsma TNI Suharto diikuti oleh personel TNI AU Bakorda Bandung.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel