Berita

KSAU: JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH

Dibaca: 5 Oleh 30 Jul 2012Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

“Jangan sekali-kali melupakan sejarah karena bangsa yang besar adalah bangsa yang yang selalu ingat akan sejarah dan menghargai jasa para pahlawannya.”, mengutip pernyataan Presiden Pertama RI Ir. Soekarno dalam sambutan KSAU Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP yang dibacakan Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Heraldy Dumex Dharma, S.AP., M.Si (Han) saat upacara peringatan ke-65 Hari Bakti TNI Angkatan Udara di Apron Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Minggu (29/7).

Peristiwa enam puluh lima tahun silam ini, memiliki nilai yang sangat tinggi dalam konteks pengabdian dan perjuangan TNI Angkatan Udara untuk menjaga dan mengawal eksistensi Negara Republik Indonesia dari cengkeraman Belanda. Pada tanggal 29 Juli 1947 telah terjadi dua peristiwa bersejarah bagi TNI Angkatan Udara, pada pagi harinya dilaksanakan operasi udara pertama AURI oleh Kadet Penerbang Sutadjo Sigit, Suharnoko Harbani dan Mulyono dengan dukungan tiga orang teknisi yaitu saudara Sutardjo, Kaput dan Dulrachman terhadap kedudukan pasukan Belanda dan pada sore harinya terjadi tragedi gugurnya tiga perintis TNI Angkatan Udara yaitu Komodor Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara I Adisoemarmo Wirjokusumo.

“Semangat pengabdian yang tulus, rela berkorban dan dedikasi yang tinggi, merupakan nilai luhur yang telah di tunjukan oleh para pelopor dan perintis TNI Angkatan Udara dan sebagai generasi penerus TNI Angkatan Udara, kita harus selalu menjaga agar nilai nilai luhur tersebut tetap relevan dan tidak pernah lekang oleh zaman meskipun dihadapkan pada tantangan tugas akibat perkembangan lingkungan stategis yang bergerak dengan cepat.”, jelas Danlanud Suryadarma saat membacakan sambutan KSAU.

Dalam sambutannya, KSAU mengatakan bahwa meski situasi dan kondisi masa lalu dan masa kini berbeda, namun semangat perjuangan dan pengabdian harus tetap menjadi acuan nilai yang terpatri di dada sanubari prajurit Angkatan Udara yang diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari hari sesuai bidang profesi masing-masing sehingga tugas dan tanggung jawab Angkatan Udara selaku Sayap Tanah Air dan juga komponen utama pertahanan Negara dapat terlaksana dengan baik.

Dalam menyambut peringatan ke-65 Hari Bhakti TNI AU yang bertema ”Dilandasi Nilai Peristiwa 29 Juli 1947, TNI AU Bertekad Meningkatkan Darma Baktinya Kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia” ini, Lanud Suryadarma telah menggelar beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya bakti sosial kesehatan antara lain donor darah, pengobatan umum dan khitanan massal di Poliklinik Lanud Suryadarma.

Hadir dalam upacara peringatan ke-65 Hari Bakti TNI AU Komandan Wingdiktekkal Kolonel Tek Sigit Priyono GSC, S.IP., M.Sc., Danskadron udara 7 Letkol Pnb Sapuan, Dandim 0605/Subang Letkol Kav Teguh Prayitno, Kapolres Subang AKBP. M. Awal Chairudin, Danramil Kalijati, Kejaksanaan Subang, Muspida Subang, para pejabat Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal, PPAU wilayah Subang dan Ibu-ibu PIA Ardya Garini Kalijati.

Baca juga:  MAYOR PNB HENDRAYANSYAH JABAT KOMANDAN SKADIK 404

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel