Berita

KSAU : Tanamkan Keyakinan pada Hati dan Pikiran Kalian, akan Kebenaran Falsafah “Tri Sakti Viratama”

Dibaca: 54 Oleh 09 Apr 2020Tidak ada komentar
KSAU : Tanamkan Keyakinan pada Hati dan Pikiran Kalian, akan Kebenaran Falsafah “Tri Sakti Viratama”
#TNIAU 

TNI AU.  Tanamkan keyakinan pada hati dan pikiran kalian, akan kebenaran falsafah “Tri Sakti Viratama”, yaitu tanggap, tanggon, dan trengginas, yang telah dikenalkan sejak awal kelahiran kalian sebagai insan Swa Bhuwana Paksa. Jadilah prajurit berkarakter luhur yang dekat dengan Tuhan dan rakyat, memiliki ilmu yang bermanfaat bagi organisasi, serta terus menjaga kesamaptaan diri untuk menghadapi segala penugasan.

Demikian salah satu pesan moral Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Nurdin saat bertindak selaku inspektur upacara pada pelaksanaan upacara peringatan Hari TNI Angkatan Udara yang ke-74 di gedung balai prajurit Cendrawasih Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung yang diikuti perwira, perwakilan bintara, tamtama, dan pegawai negeri sipil. Kamis (9/4/2020).

KSAU pun menyatakan bahwa upacara yang berlangsung sederhana ditengah pandemic Covid-19 tersebut mengajak para personel TNI AU untuk menghaturkan rasa hormat dan terima kasih kepada seluruh sesepuh, pelopor dan pahlawan TNI Angkatan Udara. “Merekalah pemantik api semangat “Swa Bhuwana Paksa” hingga terus menyala abadi hingga kini,” kata Irup yang juga mengatakan bahwa semangat Swa Bhuwana Paksa yang dibangun dan ditumbuhkembangkan oleh para pendahulu, kini telah bersinergi dengan visi pemerintah Presiden Joko Widodo, “Meneruskan jalan perubahan Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian gotong royong.

KSAU dalam sambutannya menyampaikan beberapa hasil kinerja dan pencapaian TNI Angkatan Udara dalam satu tahun terakhir. Hal ini adalah untuk mempertanggungjawabkan amanah dari rakyat. Bukti bahwa kita “Para Prajurit Udara”, terus bekerja. Pencapaian paling membanggakan adalah zero accident yang dipertahankan selama tiga tahun berturut-turut. “Kondisi ini adalah bukti, bukan hanya kualitas safety culture yang tinggi, namun juga manajemen organisasi yang semakin modern dan tertib,” jelas Irup.

Dikatakan lebih lanjut bahwa prestasi tersebut juga merupakan hasil dari keunggulan leadership para perwira senior yang selalu hands on dalam setiap masalah satuan, serta para prajurit profesional yang bekerja militant dan inovatif. Kebanggaan saya semakin membumbung tinggi, karena zero accident ini diraih ketika kuantitas dan kualitas operasi dan latihan terus bertambah.

KSAU pun mengapresiasi kinerja bidang operasi udara, bidang latihan, bidang operasi udara, dan kinerja bidang pemeliharaan. TNI Angkatan Udara mampu melaksanakan Check-D Boeing, fully overhaul propeller C-130, upgrade F-16 melalui program  e-MLU, overhaul engine Grob, modifikasi dragchute F-16 C/D, dan lain-lain. Berbagai inovasi ini, selain dapat menghemat anggaran negara, juga menjadi bukti peningkatan profesionalisme satuan-satuan pemeliharaan TNI Angkatan Udara.

Dikatakan pula bahwa TNI Angkatan Udara juga menciptakan program-program bantuan untuk kesejahteraan prajurit, seperti program santunan kepada keluarga prajurit yang gugur dalam tugas, berupa beasiswa untuk putra-putri para prajurit, hingga mereka lulus SMA. Kita juga mengadakan program pembangunan 1.130 rumah pada tahun 2018 dan 1.854 rumah pada tahuan 2019. Ini adalah wujud perhatian organisasi kepada dedikasi dan pengorbanan para prajurit udara.

“Semua pencapaian ini, bukanlah hasil akhir, namun merupakan proses berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan profesionalisme TNI Angkatan Udara yang tumbuh dinamis. Untuk itu, kita harus senantiasa berupaya, bekerja keras, menunjukkan kepedulian, dan keseriusan, untuk meraih berbagai sasaran yang ditetapkan,” jelas Irup.

Peringatan ke-74 Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Udara pada tahun 2020 mengangkat tema “Kobarkan Semangat Swa Bhuwana Paksa untuk Membangun Indonesia Maju dan TNI Angkatan Udara Unggul.” Kita harus memahami bahwa “TNI Angkatan Udara Unggul” adalah bagian integral dari cita-cita “Indonesia Maju”. Untuk itu, seluruh prajurit udara harus menjaga nyala semangat “Swa Bhuwana Paksa”, agar pembangunan kekuatan udara unggul, dapat berjalan beriringan dengan pembangunan bangsa.

Baca juga:  Ceramah Keselamatan Kerja di Aula Brajamusti Yonko 465 Paskhas

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel