Berita

KT-1B WONG BEE TNI AU ALAMI KECELAKAAN

Dibaca: 114 Oleh 25 Jun 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Pesawat latih TNI Angkatan Udara jenis  KT-1B Wong Bee mengalami kecelakaan, Kamis (24/6) pukul 15.37 WITA (07.37 UTC)  di Bandara Ngurahrai Bali.  Pesawat buatan pabrik KAI Korsel ini diterima dan dioperasikan oleh TNI AU pada tahun 2003.  

Pesawat yang mengalami kecelakaan adalah pesawat dengan tail number LD-0102 yang diterbangkan oleh Letkol Pnb Ramot CP. Sinaga dengan satu penumpang yaitu Pangdam Udayana IX Mayjen TNI Rahmat Budianto.  Pesawat tersebut adalah pesawat leader dari 4 (empat) pesawat yang akan melaksanakan tactical landing setelah melaksanakan misi joy flight mengitari seputar wilayah Bali. 

Kecelakaan tersebut terjadi ketika  akan melakukan pendaratan di ujung run way 27, namun  terjadi Malfunction (kesalahan Tekhnis) sehingga pilot melaksanakan eject/ bail out (keluar dari pesawat) dengan menggunakan kursi lontar. ketiga pesawat lainya berhasil mendarat dengan selamat dan tidak terjadi tabrakan antar pesawat lainnya.     Penerbang Letkol Penerbang Ramot Sinaga dan Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Rahmat Budiyanto selamat karena melakukan eject (bail out) dari pesawat.  

Baca juga:  DISLITBANGAU BERHASIL UJI COBA PARASUT UNTUK TERJUN FREEFALL

Sejak diterima di TNI AU pesawat LD-0102 sampai saat ini baru mencapai 2308,45 jam terbang dan dalam kondisi laik terbang.   Kondisi pada saat kecelakaan  cuaca sangat baik/cerah namun kondisi pesawat saat ini total lost, sedangkan penyebab kecelakaan belum diketahui dan akan diselidiki oleh tim Panitia Penyidik Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) TNI AU yang dipimpin langsung oleh Kadislambangjaau (Kepala Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan Udara), Marsma TNI MZ Djamhari  yang saat ini sudah berada di Bali.   

Letkol Penerbang Ramot Sinaga adalah perwira AAU lulusan 1993 dan saat ini menjabat sebagai Danskadik 102 Lanud Adi Sutjipto.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel