TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kuliah Kerja, Sekkau A-104 Gali Data di Beberapa Instansi

By 28 Aug 2018 Berita
1._Foto_bersama

TNI AU.ย  ย Mewujudkan tujuan pendidikan, Sekkau sebagai salah satuย  lembaga pendidikan militer TNI AU yang melaksanakan pendidikan pengembangan umum tingkat pertama bagi para perwira TNI/TNI AU, membuat formulasi kegiatan berupa Kuliah Kerja (Kuker) yang dilaksanakan mulai hari ini, Selasa (28/8), guna mengaplikasikan pengetahuan teoritis dan pengetahuan pendukung lainnya.

Sebanyak 100 Perwira Siswa Sekkau Angkatan ke-104 didampingi pejabat dan Patun Sekkau serta staf pendukung akanmelaksanakan Kuker selama 4 hari kerja hingga hari Jumโ€™at yang akan dating dengan mengunjungi beberapa tempat sebagai objek penelitian.

Mengangkat tema โ€Optimalisasi Peran TNI AU Dalam Menghadapi Perang Siberโ€, Kuker Pasis Sekkau Angkatan ke-104 dipimpin oleh Komandan Sekkau, Kolonel Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., M.A., mengadakan kunjungan pertama ke Mabesau, Cilangkap sebagai sarana penggalian data dan informasi terkait tema yang dipilih.

Berkesempatan mencari data di Mabesau, Cilangkap, rombongan kuker pasis Sekkau angkatan ke-104 diterima Paban I RenSopsau ย mewakili Asops Kasau yang selanjutnya memberikanย  paparanย  bersama Kadispamsanau, Kadisinfolahtahau, dan Kadispenau ย dilanjutkan dengan Tanya jawab.

Dalam paparan sesi pertama, dihadapan rombongan Kuker, Paban I Ren Sopsau, Kolonel Pnb Widyargo Ikoputra, SE., MM.,ย  mewakili Asops Kasau menjelaskan tentang permasalahan terkait siber.ย  Disampaikan bahwa serangan siber sangat beragam diantaranya intersepsi terhadap jaringan komunikasi, melumpuhkan alat bantu navigasi dan komunikasi, melumpuhkan system operasional penerbangan yang berbasis IT, melumpuhkan system pengamanan, juga mencuri dan menghilangkan system data berklasifikasi.

Berlangsung dalam sesi yang sama, paparan Kadispamsanau diwakili Sesdispamsanau. ย Selanjutnya paparanย  pada sesi kedua adalah Kadisinfolahtaau dan Kadispenau, yang masing-masing diwakilkanย  kepada para Sekretaris Dinas (Sesdis), yang dilaksanakan usai coffe break.

Penggalian data hari ini dilanjutkan menuju Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai objek terakhir dihari pertama.ย  Tiba di gedung auditorium Roebiono Kertopati, rombongan kuker Sekkau diterima Deputi III Bidang Penanggulangan dan Pemulihan, Marsekal Muda TNI Asep Chaerudin, M.A.

Esok hari Kuliah Kerja akan mengunjungi 3 instansi diawali dengan Pusat Pertahanan Siber (Pushansiber), Bainstranas, Kemhan, untuk selanjutnya rombongan dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing menuju Direktorat Tindak Pidana Siber, Bareskrim Polri dan Badan Intelijen Negara.

Selanjutnya hari ketiga pelaksanaan kuliah kerja pasis Sekkau angkatan ke-104 dilaksanakan di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK), kemenkominfo, dan hari keempat sebagai hari terakhir pelaksanaan Kuker, dilaksanakan kunjungan di Living Lab Smart City Nusantara.

Diharapkan dalam pelaksanaan kuliah kerja sebagai sarana penggalian data dan informasi ini dapat merangsang rancangan pemikiran untuk memecahkan masalah yang dihadapi guna dituangkan dalam suatu gagasan berbentuk โ€œNaskah Karya Tulisโ€ yang akan disampaikan kepada pimpinan TNI Angkatan Udara maupun instansi terkait permasalah tersebut.

Pada kesempatan tersebut, dalam setiap kunjungan juga dilaksanakan penyerahan cinderamata oleh Komandan Sekkau juga pasis Sekkau angkatan ke-104 kepada instasi dituju.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kuliah Kerja, Sekkau A-104 Gali Data di Beberapa Instansi