TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kuliah Umum Tentang Cyber Defense di AAU

By 01 Apr 2015 07:10Berita
2015-06-02_00002

Sebanyak empat ratusan peserta yang terdiri dari Taruna Tingkat II, III, IV AAU, pengasuh serta seluruh Dosen AAU mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan mengenai Cyber Defense yang diberikan oleh Tim dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI di Gedung Sabang Merauke (GSM) AAU, Selasa (31/3). 

Gubernur AAU Marsda TNI Sugihardjo, S.E., M.M dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirdik AAU Kolonel Pnb Asep Chairuddin, M.A.S.S menyampaikan bahwa dalam era sekarang ancaman dan tantangan yang mungkin terjadi tidak hanya yang terlihat secara nyata namun juga yang berupa ancaman dalam dunia maya atau cyber attack, dan itu dapat berwujud banyak hal mulai dari ancaman kecil hingga cyber warfare atau peperangan cyber. 

“Untuk menghadapi kemungkinan adanya ancaman dan tantangan tersebut utamanya terhadap pertahanan dan keamanan negara sudah seharusnya kita memiliki sebuah sistem pertahanan atau sering disebut dengan cyber defense yang merupakan bagian dari strategi pertahanan negara, baik dalam mencegah, menangkal maupun mengatasinya”, tambah Gubernur. 

“Oleh karena itu saya menyambut positif adanya kegiatan ini, karena selain akan menambah wawasan dan pengetahuan, kuliah umum ini juga dapat meningkatkan kesadaran kita semua akan pentingnya Cyber Defense”, ujar Gubernur. 

Selama kuliah umum yang berlangsung hingga sore hari, tim yang beranggotakan Sylvia W. Sumarlin, Bisron Wahyudi, dan Muhammad Salahuddien Manggalany akan memberikan materi meliputi Pemahaman Cyber Space, Cyber Security dan Operasi Cyber, serta Defence, Offense dan Forensic. 

Tak hanya materi saja, demonstrasi atau praktek juga akan dilakukan oleh tim ID-SIRTII atau Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure / Coordination Center (ID-SIRTII/CC) mengenai langkah-langkah yang dilakukan ketika terjadi cyber attack serta bagaimana mengatasi serangan tersebut.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kuliah Umum Tentang Cyber Defense di AAU