Berita

Kunjungan Asops dan Asrena Kasau ke Lanud Abd Saleh

Oleh 03 Des 2019 Desember 4th, 2019 Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAU 

TNI AU. Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara (Asops Kasau) Marsda TNI Dr. Umar Sugeng Haryono, S.I.P., S.E., M.M., Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf Angkatan Udara (Asrena Kasau) Marsda TNI Asep Dian Hermawan dan rombongan melaksanakan kunjungan ke Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh meninjau perkembangan kegiatan Advance Flight Training (AFT) bagi para penerbang pesawat EMB 314 Super Tucano, Senin (2/12).  AFT adalah peningkatan kemampuan penerbang pesawat EMB 314 Super Tucano dipadukan dengan taktik dan strategi dalam melaksanakan suatu misi operasi udara dengan instruktur profesional.

Selama di Skadron Udara 21 rombongan menerima laporan dari Komandan Skadron Udara 21 Letkol Pnb Hery Setiawan, S.Sos.,M.A.P., di ruang briefing Skadron Udara 21.  Dijelaskan Komandan Skadron Udara 21 selama dua minggu pelaksanaan kursus terdapat beberapa kriteria peningkatan kemampuan penerbang dalam hal Ground School, Close Air Support, Air Interdiction dan lainnya.  Namun demikian terdapat sedikit kendala yaitu dalam hal peralatan yaitu NVG belum kalibrasi dan battery pack untuk NVG.     

Dalam arahannya Asops Kasau menyampaikan bahwa Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau) memprogramkan peningkatan kemampuan seluruh penerbang melalui berbagai cara seperti efektifitas penggunaan simulator bagi penerbang dan pelaksanaan berbagai latihan terbang.  Ditekankan Marsda TNI Umar Sugeng Haryono para penerbang diharapkan memperbanyak penggunaan simulator. Simulator terbang merupakan indikator  kemampuan dan profesionalisme penerbang dalam mengoperasionalkan pesawat terbang. Apabila terbangnya bagus, tentunya diawali oleh kemampuan terbang di simulator yang bagus pula.  Mengenai latihan terbang diharapkan tetap terus dilaksanakan sebagai sarana memelihara profesionalisme dan mengembangkan wawasan secara terarah.  Mabesau berupaya diantaranya melaksanakan AFT bagi para penerbang di skadron-skadron udara jajaran TNI AU.

Baca juga:  Taruna Tingkat II Resmi Kembali dan Diterima di AAU

Sementara itu Asrena Kasau Marsda TNI Asep Dian Hermawan menyampaikan latihan merupakan sarana mengasah kemampuan para penerbang agar benar-benar terampil dimanapun dan bagaimanapun tugas diamanahkan.   Ke depan dengan akan datangnya alutsista baru, memerlukan pengawaknya berupa penerbang yang berpengalaman.  Kebutuhan tersebut diantaranya didapat dari penerbang yang kini bertugas di Skadron Udara 21.

Selanjutnya diadakan tanya jawab antara Asops, Asrena Kasau dengan para pejabat Lanud Abdulrachman Saleh, komandan skadron dan para penerbang Skadron Udara 21.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel