Berita

Kunjungan Kadispotrudau Ke Pusdatek Lapan

Kunjungan Kadispotrudau Ke Pusdatek Lapan
#TNIAU 

 

TNI AU. Kadissurpotrudau  Marsma TNI I Made Susila Adnyana, S.IP., S.H.  mengadakan kunjungan kerja ke Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Jumat (7/2/2020).

Kadissurpotrudau beserta rombongan tiba di Pustekdata LAPAN  disambut langsung Kepala  Pustekdata LAPAN, Ir. Dedi Irawadi  yang selanjutnya mengadakan serangkaian diskusi dan presentasi. Dalam penjelasannya, Kadissurpotrudau menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan ini tidak lain adalah untuk belajar dan bekerja sama guna mencapai keberhasilan tugas di bidang masing-masing. Kalau ada pekerjaan yang bisa saling paralel, harapan kami dapat dikerjasamakan, imbuh Kadissurpotrudau.

“Dalam misi Operasi MIliter Selain Perang (OMSP) untuk dukungan quick respon dan quick action bencana alam, kami sangat membutuhkan data geospasial yang ada di LAPAN guna memetakan secara cepat gambaran tingkat kerusakan lahan, yang harus segera dilaporkan ke pimpinan TNI AU”,ungkap Kadispotrudau.

Kadissurpotrudau menambahkan, kemampuan pesawat dalam segi kecepatan memang unggul namun juga mempunyai keterbatasan, dalam hal ini ketergantungan pada landasan yang apabila rusak akibat bencana maka tidak akan dapat dioperasikan, sehingga memerlukan alternatif tansportasi udara lainnya dalam pengambilan data permukaan bumi.

Baca juga:  Kliping Berita Media 02 Oktober 2019

Sementara itu Kapustekdata-LAPAN menyampaikan tentang ilustrasi pekerjaannya yang meliputi: Akuisisi Data Penginderaan Jauh, Pengolahan Data, dan Pengelolaan Data Penginderaan Jauh. Kami juga ingin mencari partner untuk kolaborasi teknologi, peralatan, dan data yang dapat saling dimanfaatkan dengan mekanisme kerja sama secara optimal, tambah Kapustekdata-LAPAN. Harapan kami adalah dapat terus melakukan inovasi secara ekonomis dengan cara bekerja sama dan saling memanfaatkan kelebihan masing-masing. 

Selanjutnya, rombongan Kadissurpotrud  mengunjungi fasilitas pengelolaan data berupa Data Center, dengan konsep data-data yang tersimpan pada storage tersimpan di masing-masing folder yang disesuaikan dengan jenis datanya. Sistem penyimpanan datanya menggunakan storage yang memiliki kapasitas sekitar 1,3 PB dengan jumlah disk drive sebanyak 300 unit, jumlah drive box sebanyak 5 unit dimana masing-masing unit berkapasitas 60 unit disk drive.

Membandingkan dengan fasilitas yang ada di Dissurpotrudau, Kadissurpotrudau menyampaikan bahwasannya sudah seharusnya dapat meniru desain dan tata letak ruangan di Pustekdata_LAPAN. Lebih lanjut Kadissurpotrudau mengatakan melalui kunjungan ini, diharapkan segala hal yang baik dapat diterapkan di satuan sehingga nantinya lebih fokus dalam bekerja dan memberikan kontribusi dalam kegiatan operasi.  Silaturahmi ini seyogianya dapat terus berlanjut untuk mencapai kesepakatan berupa perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan demi kepentingan nasional, imbuh Kadissurpotrudau.

Baca juga:  Kadisops Lanud Adi Soemarmo Buka Pendidikan Sejurradum Angkatan Ke-39

 

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel