Berita

Kunjungan Kadissurpotrudau ke BMKG

Kunjungan Kadissurpotrudau ke BMKG
#TNIAU 

TNI AU. Kadissurpotrudau  Marsma TNI I Made Susila Adnyana, S.IP., S.H.  mengadakan kunjungan ke Kantor Pusat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (18/2/2020).

Kadissurpotrudau beserta rombongan tiba di Gedung C Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  disambut langsung Inspektur Dr. Suko Prayitno Adi, M.Si yang selanjutnya mengadakan serangkaian diskusi dan presentasi.  Kunjungan tersebut merupakan silaturahmi serta berbagi pengetahuan dimana TNI Angkatan Udara telah melaksanakan kerjasama yang ditandatangani Kadisbangopsau Marsma TNI Agoes Haryadi dengan Deputi Bidang Meteorologi Dr. Yunus Subagyo Swarinoto di BMKG Jakarta pada tahun 2015 silam.

Kerjasama ini meliputi kegiatan operasional bersama yang melibatkan sumber daya manusia (SDM), peralatan meteorologi dan pengamatan unsur cuaca, pengolahan data dan diseminasi informasi meteorologi dan klimatologi dalam rangka mendukung operasional penerbangan di Bandara/Pangkalan TNI AU. Sementara itu, Dissurpotrudau didalam tugasnya baik pemotretan udara maupun pembuatan peta-peta aeronautika memerlukan data-data yang disediakan oleh BMKG secara periodik.

Dalam penjelasannya, Kadissurpotrudau menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan ini tidak lain adalah untuk belajar dan bekerja sama guna mencapai keberhasilan tugas di bidang masing-masing. Kerjasama yang sudah terjalin terlihat pada saat penanganan dampak erupsi anak gunung Krakatau. Semua data visual baik foto maupun video pada saat itu sangat diperlukan oleh BMKG untuk dianalisis dan dijadikan acuan dalam penanganan bencana pada masa yang akan datang. Hadir pada saat itu Kepala BMKG Prof. Dwikorita Karnawati, M.Sc. P.hD yang ikut terbang langsung menggunakan pesawat Boeing 737 Skadron Udara 5.

Baca juga:  PIA AG Cabang 5/G.Ii Wingdiktekkal Berkunjung Ke Jogjakarta

Inspektur BMKG mengharapkan adanya laporan atau informasi dari pilot (penerbang) mengenai titik maupun area yang sering dijumpai dalam kondisi cuaca ekstrem, yang nantinya akan dipublikasikan untuk menjadi perhatian khusus.   Dalam kesempatan tersebut, Kadissupotrudau menjelaskan bahwasanya dalam produk Enroute Chart Indonesia yang diproduksi Dissurpotrudau telah mencatumkan compulsory reporting point yang mewajibkan untuk melaporkan atau komunikasi dengan pengatur lalu lintas udara (air traffic control).

Selanjutnya, rombongan Kadissurpotrud  mengunjungi fasilitas simulasi Gempa dengan kekuatan gempa 7 Magnitudo seperti kejadian di NTB. Ruangan selanjutnya dilantai 4 yaitu pusat data center meterologi early warning system yang diterima dan mendapat penjelasan oleh Agus Wahyu Raharjo, Sp Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan. Setelah selesai ruangan terakhir yang dikunjungi adalah ruangan InaTews ( Indonesia Tsunami Early Warning System ) pusat utama kegiatan ruangan tersebut memberitahukan kepada masyarakat tentang ancaman gempa baik yang berpotensi Tsunami maupun tidak dalam waktu yang sangat cepat, tepat dan akurat, sehingga masyarakat yang terdampak akan tertolong dengan berita serta ancaman tsunami di daerahnya yang beritakan oleh BMKG.

Baca juga:  Danlanud Smo Makan Siang Bersama Siswa Semaba PK Angkatan 44

Di akhir acara kunjungan tersebut Kadissurpotrudau dan Inspektur BMKG saling bertukar cinderamata serta  dilanjutkan foto bersama di depan Kantor Pusat BMKG sebagai tanda persahabatan.

 

 

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel