Pustaka

Kunjungan Karbol AAU ke Cadet RTAF Academy

Dibaca: 17 Oleh 04 Mar 2012Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Kunjungan Karbol AAU ke Cadet RTAF Academy

Kunjungan Karbol AAU ke Cadet RTAF Academy

Kunjungan Karbol AAU ke Cadet RTAF Academy

Kunjungan Karbol AAU ke Cadet RTAF Academy

Kunjungan Karbol AAU ke Cadet RTAF Academy

Kunjungan Karbol AAU ke Cadet RTAF Academy

Kunjungan Karbol AAU ke Cadet RTAF Academy

Kunjungan Karbol AAU ke Cadet RTAF Academy

Rombongan Karbol tiba di Don Muang RTAF Base pada pukul 1150 LT menggunakan B 737 TNI AU, disambut oleh perwakilan RTAF Academy GC Athirat dan Atase Udara RI untuk Thailand Kol Pnb A.Joko Takarianto.

Setelah menuju RTAF Academy dilanjutkan makan siang dan pengenalan budaya Thailand, Pada pukul 15.30 berangkat menuju Lumpini Park untuk melaksanakan display drum band AAU, disaksikan oleh masyarakat Indonesia yang berada di Bangkok dan anak-anak sekolah Indonesia dan staff KBRI serta masyarakat Thailand sendiri. Dalam pelaksanaanya mendapat sambutan baik dari seluruh yang hadir. Gubernur AAU terlihat antusias dan penuh kebanggaan menyaksikan Karbol AAU tampil memukau di area depan Patung Kehormatan Masyarakat Thailand yaitu Patung Raja Rama ke VI yang sangat dihormati. Tidak semua orang dan kelompok bisa menggunakan area depan patung Raja Rama ke VI untuk melaksanakan suatu kegiatan, area tersebut selama ini digunakan masyarakat Thailand untuk upacara penghormatan kepada Raja Rama ke VI.

Display selesai Karbol menuju BRI Bangkok yang terletak kurang lebih 4 km dari Taman Lumpini ini, pada pukul 19.00, Gubernur AAU dan Deputy RTAF Academy AVM Wattana Maneenai beserta beberapa perwira pendamping melaksanaakan Courtesy Call kepada Dubes RI LBBP (Luar Biasa dan Berkuasa Penuh) Mohammad Hatta.

Dilanjutkan malam akrab bersama serta makan malam bersama di GOR KBRI diikuti oleh 275 undangan. Dalam sambutannya Dubes mengatakan bahwa Karbol sebagai generasi muda dan calon perwira yang tangguh harus siap untuk mengawaki alutsista TNIAU yang semakin modern dan berbobot teknologi tinggi, dan siap mengahadapi tantangan masa depan yang semakin berat pada era globalisasi dimana informasi teknologi dirgantara dan senjata semakin tak terbendung kemajuannya. Apalagi kita sebentar lagi akan memasuki ASEAN Community dimana kita semakin terbuka dan penuh tantangan dalam segala aspek di kawasan Asean. Sebagai calon pemimpin TNI dan TNIAU khususnya Karbol diharapkan siap memasuki era keterbukaan sesama negara Asean dan siap mengamankan kawasan Asean dalam rangka menciptakan perdamaian di kawasan maupun dunia.

Gubernur AAU dalam sambutannya mengatakan latihan ini merupakan agenda rutin dalam negeri maupun luar negeri, untuk melatih navigasi udara maupun menanamkan jiwa keudaraan Airmanship dan leadership, mengenal angkatan udara sendiri dan negara sahabat yang dikunjungi dan mengenal budaya setempat serta mempromosikan budaya negara Indonesia sendiri.  

Selain itu Ucapan terimakasih kepada Dubes RI dalam menerima penuh kehangatan dan rasa hormat dan penghargaan yang tinggi.

Dalam malam akrab tersebut Karbol menampilkan beberapa kesenian dan diselingi oleh anak-anak Sekolah Indonesia Bangkok memperlihatkan kemanunggalan TNI dan rakyat penuh keakraban dan kegembiraan. Harapan kedepan TNI AU dapat lebih dicintai rakyat Indonesia.

Kesokan harinya kegiatan Karbol pagi bersama Cadet RTAF, sedangkan Gubernur CC kepada Deputy Superintendent RTAF Academy AVM Wattana Maneenai dilanjutkan upacara penghormatan kepada Pahlawan RTAF sebagai Bapak RTAF dan peletakan bunga. Dilanjutkan briefing tentang RTAF Academy dan peninjauan Wind Tunel , Flight Simulator dan Skadron 604 tempat pengenalan terbang Cadet RTAF. (isi briefing tentang pembinaan RTAF Cadet dan program pendidikannya dapat ditanyakan pada Dirdik AAU atau Kadepmatra AAU untuk menambahkan)

Siang hari melaksanakan Culture Visit dan malam hari farewell party, tukar penampilan kesenian dan tukar souvenir. Disini menunjukan keakraban yang sangat luar biasa, dan disaat inilah tercipta hubungan awal yang mengesankan saling tau dan mengerti saat muda, diharapkan pada waktunya nanti ditengah perjalanan menjadi pimpinan sudah saling kenal dan mudah berkoordinasi, serta akan semakin erat dan baik dalam hubungan kerjasama militer kedua angkatan. Perlu diketahui TNI AU dan RTAF sudah menjalin hubungan persahabatan selama 30 tahun, ditandai dengan Latihan Bilateral Elang Thainesia Anniversary 30 tahun pada tanggal 3-14 Juli 2011. Selain Elang Thainesia sekarang kedua angkatan menambah kegiatan dengan Tukar menukar siswa Seskoau, Air War College,Intelligent Exchange, Exchange Visit Junior Officer dan High Rangking Officer juga Karbol,Bilateral Golf. serta banyak kegiatan lain yang masih terbuka kesempatan untuk dibicarakan.

Dari sekilas berita diatas saya berpendapat program ini sangat baik dilaksanakan secara berkala dan terprogram setiap tahun secara bergantian, selain menambah pengalaman para Karbol juga menambah kepercayaan diri mereka dengan melihat dunia luar untuk memacu diri sendiri lebih maju dan mengisi diri menghadapi dunia global yang penuh tantangan.

Semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan aman lancar selamat, berkat dukungan kerjasama yang baik antara RTAF dan Atase Udara RI juga Kadepmatra AAU dan jajarannya di AAU.

Yang tak kalah penting adalah sejak dini mereka sudah kenal, pada masa mendatang akan sangat mudah kita menjalin hubungan bilateral yang semakin baik untuk kemajuan kedua angkatan udara.

Dalam acara farewel party di RTAF Academy, dalam sambutannya Deputy Superintendent RTAF Academy AVM Wattana Maneenai mewakili Superintendent RTAF Academy AM Sritpong Komutanont mengatakan bahwa hubungan RTAF TNI AU sudah berjalan puluhan tahun dengan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan sekarang ini adalah merupakan kegiatan yang baik dan perlu terus dipertahankan dan dilaksanakan secara reguler untuk saling berkunjung. Tujuannya adalah untuk terus memupuk sejak dini perkenalan persahabatan antara Karbol dan Cadet kedua angkatan udara, sehinga pada masa depan mereka sudah saling kenal mempermudah kerjasama dan koordinasi, sudah tentu akan meningkatkan hubungan kerjasama militer kedua angkatan udara.

Demikian sebaliknya Gubernur AAU Marsda TNI Bambang Samoedro menyambut baik bahwa hubungan baik ini untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan, dan Gubernur AAU menyatakan siap menerima kunjungan balasan pada tahun depan di Jogjakarta. menerima calon-calon pemimpin RTAF masa datang untuk dipertemukan calon-calon pimpinan TNIAU masa datang. Sekaligus Gubernur AAU mengucapkan rasa terimakasih yang tinggi kepada RTAF Academy yang telah menyelenggarakan kunjungan mulai dari penerimaan sampai pada keberangkatan dengan sangat baik.

Atase Udara RI
Kol Pnb A Joko Takarianto

Baca juga:  K. 06

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel