Berita

KUNJUNGAN KEPALA DINAS BUDAYA SENI DAN PARIWISATA DI LANUD PEKANBARU

Dibaca: 10 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Komandan Lanud Pekanbaru, Kolonel Pnb Nanang Santoso menerima kunjungan Kepala Dinas Budaya Seni dan Pariwisata propinsi Riau, Jhoni Irawan di ruang lobi Danlanud, Jumat (19/03)

 

Selain untuk mempererat tali silahturahmi, kunjungan tersebut bertujuan untuk membudayakan sekaligus memperkenalkan kesenian daerah propinsi Riau berupa alat musik tradisonal Kompang kepada warga Lanud Pekanbaru. Kompang merupakan alat musik tradisional masyarakat melayu berupa musik gendang yang terbuat dari kayu dan kulit kambing, alat musik Kompang ini dimainkan pada acara-acara penyambutan tamu-tamu kehormatan propinsi Riau, dan juga sering dimainkan untuk memeriahkan acara pernikahan. Untuk memainkan alat musik Kompang ini terdiri dari tiga kelompok pemain, yaitu pertama “Pembolong” yaitu pemukul Kompang dengan irama khusus, kedua “Peningkah” merupakan master untuk mengawali seluruh bentuk/corak irama permainan, sedangkan kelompok ketiga “Penyilang” untuk melengkapi rentak pada keseluruhan pola pukulan Kompang.

 

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Budaya Seni dan Pariwisata propinsi Riau menyerahkan satu set alat musik Kompong yang diterima langsung oleh Danlanud Pekanbaru. Kepala Dinas Budaya Seni dan pariwisata menyampaikan bahwa permainan alat musik Kompang ini merupakan seni budaya tradisional propinsi Riau yang sangat mudah untuk dipelajari. Untuk lebih memudahkan warga Lanud Pekanbaru mengenal dan mempelajari alat musik ini, Kepala Dinas Budaya Seni dan Pariwisata siap untuk mendatangkan tim pengajarnya untuk diadakan pelatihan di lanud Pekanbaru.

Baca juga:  Wingdikum dan Skadik jajaran didadak tes HIV/AIDS

 

Turut hadir mendampingi Danlanud saat kunjungan tersebut Kadisops, Letkol Pnb Nurtantio Affan, Danskadron Udara 12, Letkol Pnb Azhar Adhitama. Pada kesempatan tersebut Danlanud menyambut dengan baik serta mengucapkan terima kasih serta siap belajar dan mengenal lebih jauh lagi tentang alat musik tradisional Kompang ini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel