Berita

KUNJUNGAN SEJARAH SISWA SMP 3 SUBANG KE LANUD SURYADARMA

Dibaca: 17 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Sekitar 450 siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Subang bersama 12 gurunya mengadakan study tour ke Lanud Suryadarma, Subang, Rabu (11/11). Study tour dilaksanakan sebagai program pembelajaran bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Sejarah untuk siswa-siswa kelas 9 (kelas 3).

 

Menurut ketua rombongan yang juga guru IPS/Sejarah, H. Syahro, M.Pd tujuan kunjungan ke Lanud Suryadarma adalah untuk mengetahui dari dekat keberadaan Lanud Suryadarma dan beberapa obyek sejarah yang ada di dalamnya untuk melengkapi pengetahuan siswa di bidang IPS dan Sejarah. Dijelaskan Lanud Suryadarma merupakan pangkalan udara peninggalan Belanda yang di bangun di wilayah Subang dengan corak hidup masyarakatnya sebagai tani dan berkebun (agraris). Oleh karena itu, keberadaan Lanud Suryadarma dari awal hingga kini dianggap telah mampu mampu membawa beberapa perubahan sosial di Subang khususnya wawasan masyarakat mengenai kedirgantaraan dan dampak kemajuan masyarakat Kalijati dan Subang.

 

Obyek kunjungan pertama adalah ke Skadron Udara 7 melihat dari dekat Pesawat Terbang Helikopter jenis Bell 47 G Soloy dan EC 120 Colibri. Mereka dipandu oleh Letda Pnb Kadek Tri, perwira siswa KPTPH Angkatan ke-12 dan Serma Wawan, teknisi helikopter. Selanjutnya ke Museum Rumah Sejarah Kalijtai, tempat diadakannya perundingan antara Jepang dan Belanda tahun 1942 untuk penyerahan kekuasaan penjajahan Hindia Belanda. Dan terakhir ke Museum Amerta Dirgantara Mandala, museum yang berfungsi pula sebagai pendidikan atlet glider nasional. Para siswa tersebut sebelumnya telah dibekali dengan pertanyaan-pertanyaan dari sekolahnya, sehingga mereka harus mencatat segala hal yang dilihat dan didengarnya guna menjawab setiap pertanyaan selama kunjungan berlangsung.

Baca juga:  Tabur Bunga & Tinjau Rumah Korban Pesawat Hercules

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel