Berita

Kunjungan Tim BPK RI di Kosekhanudnas III

Kunjungan Tim BPK RI di Kosekhanudnas III
#TNIAU 

TNI AU. Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Djohn Amarul, S. AB., yang diwakili oleh Askomlek Kosekhanudnas III Kolonel Lek Emil Syarif Fachrie, S.E., M.M., beserta para Asisten Kosekhanudnas III dan perwira staf menerima kunjungan kerja Tim dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Bapak Iwan Gunawan, S.E., M.SI., AK., selaku pengendali Tim dan 4 orang staf serta 1 orang tim pendamping dari Itjenau, bertempat di ruang rapat Kosekhanudnas III, Kamis (29/08/2019).

Pada kesempatan tersebut, Askomlek Kosekhanudnas III membacakan sambutan Panglima Kosekhanudnas III.  Dalam sambutannya panglima menyampaikan ucapan selamat datang di Makosekhanudnas III kepada tim pemeriksa dari BPK RI yang didampingi oleh Letkol Adm Bayu dari Itjenau, serta meminta kepada seluruh pejabat staf terkait khususnya kepada para Asisten Kosekhanudnas III dan kepala seksi agar mendukung tugas yang dilaksanakan tim BPK RI di Kosekhanudnas III agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Selanjutnya kunjungan tim BPK RI ini tentunya dapat memberikan masukan sekaligus dapat memberikan koreksi terhadap kinerja atas penerapan mekanisme pelaksanaan Anggaran Belanja Negara sesuai dengan PMK No. 143/PMK.05/2018 di lingkungan TNI Angkatan Udara, khususnya di Kosekhanudnas III.  Kegiatan pemeriksaan ini merupakan salah satu dari aktivitas manajemen yang harus terlaksana dengan baik dan benar, sehingga terwujud mekanisme kerja yang sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku. Untuk itu, kepada staf atau pejabat terkait yang akan menjadi objek pemeriksaan tim BPK RI, agar dapat manyajikan semua data dan informasi yang diperlukan secara transparan dan kooperatif. Hal ini sangat kita harapkan agar nantinya hasil dari pemeriksaan yang disampaikan oleh tim benar-benar merupakan data akurat yang tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan kesalahan.

Dalam kesempatan yang sama Bapak Iwan Gunawan, S.E., M.SI., AK., selaku pengendali tim menyampaikan bahwa tim BPK RI datang dengan maksud melakukan pemeriksaan pendahuluan atas kinerja pembinaan, pengelolaan dan penerapan mekanisme pelaksanaan anggaran belanja negara sesuai dengan PMK No. 143/PMK.05/2018 yang telah dilaksanakan oleh Kosekhanudnas III.  Alasan pemeriksaan ini adalah diterbitkannya PMK No. 143/PMK.05/2018 yang diimplementasikan pada TA 2019, mendorong Kemhan dan TNI untuk melakukan perubahan terkait struktur organisasi, peraturan dan mekanisme kerja serta SDM.   Beberapa persiapan masih perlu dilakukan seperti penyesuaian dan penataan organisasi keuangan, penyusunan RKA dan DIPA.

Kunjungan Kerja BPK RI di Kosekhanudnas III direncanakan berlangsung selama dua hari dengan tujuan dari pemeriksaan Tim BPK RI adalah melakukan pemahaman entisitas dan SPI, Identifikasi kelemahan/permasalahan dalam penerapan PMK, menentukan area kunci pemeriksaan, menentukan tujuan dan lingkup pemeriksaan terinci, menentukan kriteria pemeriksaan serta identifikasi prosedur dan dokumentasi pemeriksaan. Untuk pendalaman materi dilaksanakan secara diskusi dan wawancara dengan para pejabat dan personel terkait.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel