Berita

Kunjungan Tim Wasrik Irjenau Di Lanud Suryadarma

Dibaca: 5 Oleh 27 Jan 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Kunjungan Tim Wasrik (Pengawasan dan pemeriksaan) Irjenau di Lanud Suryadarma dipimpin Marsma TNI Herry Irsal , Irdaops Itjenau selaku Ketua Tim Pengendali, Senin (26/1). Menurut Irdaops Berdasarkan Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Itjenau, bahwa Itjenau adalah badan staf pada tingkat Mabesau yang bertugas membantu Kasau menyelenggarakan pengawasan dan pemeriksaan umum serta pengawasan dan pemeriksaan perbendaharaan terhadap daya guna, hasil guna, tertib hukum dan tertib tindak dalam pelaksanaan pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan di jajaran TNI AU dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas TNI AU. Dengan demikian lanjut Irdaops Itjenau dalam melaksanakan tugas tersebut, Itjenau menyelenggarakan fungsi antara lain melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap pembinaan operasional, personel, materiil, fasilitas, keuangan, organisasi, hukum, disiplin dan tata tertib serta masalah-masalah khusus di seluruh jajaran TNI AU. Sejalan dengan tugas dan fungsinya, Itjenau menyelenggarakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap setiap satuan kerja di seluruh jajaran organisasi TNI AU, salah satunya adalah di Lanud Suryadarma.

Baca juga:  Komandan Pusdiklathanudnas Terima Tim Wasrik Itkohanudnas

Sebagaimana disampaikan Irjenau pada saat taklimat awal, kata Irdaops Itjenau , bahwa pada dasarnya Tim Wasrik Itjenau dalam melaksanakan kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan diharapkan dapat membantu dan mendeteksi lebih awal, atas kemungkinan adanya masalah, hambatan, maupun penyimpangan terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran sejak perencanaan, pelaksanaan, dan pengakhiran sehingga dengan demikian apabila ada hal-hal yang perlu ditindaklanjuti dapat segera diselesaikan dan tidak sampai berlarut-larut, sehingga pelaksanaan tugas akan berjalan semakin baik.

Wasrik dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana pencapaian tugas dan fungsi Lanud Suryadarma yang dituangkan dalam program kerja dan anggaran TA 2014 telah dilaksanakan dengan baik dan benar serta untuk mengetahui kemungkinan adanya hambatan dan permasalahan/penyimpangan yang terjadi, dengan tetap berpedoman kepada prinsip Ketaatan, Ketertiban, Efektif, Efisien dan Ekonomis sesuai dengan anggaran yang tersedia dengan sasaran bidang Operasi dan Latihan, Bidang Khusus,bidang personel, bidang logistik dan bidang keuangan.

Akhirnya Tim Irjenau mengharapkan kepada Komadan Lanud beserta staf untuk memberikan informasi dan data-data secara akurat, detail, terbuka sampaikan apa adanya kepada tim Wasrik sehingga akan didapatkan hasil Wasrik yang dapat membantu kemajuan Lanud Suryadarma kedepan dan dapat dipertanggungjawabkan karena pada dasarnya wasrik Irjenau tidak mencari-cari kesalahan kepada obrik namun sebaliknya, permasalahan-permasalahan/kekurangan-kekurangan yang dihadapi oleh Lanud Suryadarma dapat diskusikan bersama guna mencari solusi penyelesaiannya yang terbaik.

Baca juga:  Danlanud Rembiga Menghadiri Upacara Hari Juang Kartika

Sementara itu Komandan Lanud Suryadarma, Kolonel Pnb Tahyodi, S AP menyambut kunjungan wasrik tersebut dan mengharapkan Wasrik dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar. “ Kegiatan wasrik adalah bentuk mekanisme chek and balance bagi satuan bawah dan dibutuhkan satuan sebagai fungsi kontrol” Kata Dan Lanud.

Dikatakan bahwa lanud Suryadarma sebagai salah satu pangkalan Operasi di bawah jajaran Koopsau I, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan operasi udara, Latihan, pendidikan Sekbang Helikopter dan pembinaan potensi dirgantara. Secara umum, tugas-tugas tersebut telah berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan. Walaupun tentunya masih ada kendala yang dihadapi. Hal tersebut telah dikoordinasikan dan dilaporkan ke lembaga tingkat atas untuk ditindak lanjuti dan diselesaikan secara maksimal oleh lanud Suryadarma.

Untuk lebih rincinya komandan menyampaikan paparan mengenai laporan pelaksanaan Progja TA 2014 dan Rencana Program Kerja TA 2015, pemecahan masalah dan upaya yang telah dilaksanakan dalam mengatasi beberapa kendala yang ada.

Hadir dalam entry briefing rombongan Tim Irjenau, dengan Ketua tim Kolonel Adm C Sukarno, para Kadis dan seluruh pejabat Lanud Suryadarma. Seusai entri briefing dilanjutkan dengan wasrik pada objek pemeriksaaan di masing-masing staf.

Baca juga:  Bakti Sosial HUT ke-64 PIA Ardhya Garini di Lanud Zam

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel