Berita

Landasan Bandara Adistjipto dibersihkan kembali

Dibaca: 4 Oleh 17 Feb 2014Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Abu vulkanik dari Gunung Kelud yang menutupi sejak kamis malam (14/2) dini hari tersebut telah menutup Landasan Adisutjipto setebal 3 cm lebih..Landasan sepanjang 2200 M dan lebar 45 M tertutup bagi semua penerbangan baik militer maupun sipil. Material abu vulkanik yang diperkirakan sekitar 19 ribu ton hari ini berhasil telah berhasil disingkirkan melalui kerja keras lebih dari 1000 orang. Kemarin sebagian kecil landasan mulai disiram dan hari ini akan dilanjutkan penyiraman diatas landasan (Minggu, 16/2).

Penyiraman dan pembersihan Base Ops dan landasan Bandara Adisutjipto untuk hari ini melibatkan sekitar 500 anggota Lanud Adisutjipto, 2 SST Denhanud 474 Paskhas, dan 1 SST personel dari Polda DIY. Pembersihan Landasan Bandara Adisutjipto ini di bantu dengan alat-alat berat dari Dinas 2 pemadam Kebakaran baik dari Lanud Adisutjipto maupun dari 3 Bandara Adisutjipto, 2 dari Pemda Propinsi DIY serta dari watercannon Brimob Polda Yogyakarta.

Erupsi Gunung Kelud yang terjadi kamis Malam(13/2) mengakibatkan hujan abu di sejumlah kota, tak terkeculi kota Yogyakarta. Erupsi ini menyebabkan kegiatan penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto dan kegiatan Operasi Pendidikan Sekbang dan Seknav di Lanud Adisutjipto berhenti dan tidak dapat melaksanakan kegiatan.

Baca juga:  Kunjungan Menteri Kesehatan RI, Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia

Kolonel Pnb Ir. Bob H. Panggabean selaku WS Komandan Lanud Adisutjipto menyampaikan Lanud Adisutjipto berkewajiban membuka kembali akses penerbangan dengan segera membersihkan runway. Diharapkan dalam 2 hari kedepan akses bandara bisa terbuka dan penerbangan sipil, militer, serta Operasional Pendidikan Sekolah Penerbang , sekolah Navigasi Lanud Adisutjipto kembali berjalan dengan normal Selasa mendatang, pungkasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel