TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Langit Bandung Bakal Dimeriahkan Aerobatik Udara

By 30 Sep 2012 10:31Pustaka
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
ADE BAYU INDRA/"PRLM"

ADE BAYU INDRA/”PRLM”
PETUGAS memeriksa kesiapan Helikopter Rotary Wing Skuadron Udara 7 Lanud Suryadarma Kalijati Subang, yang akan dipamerkan pada Bandung Air Show 2012, di Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara Bandung, Rabu (26/9). Berbagai persiapan telah dilakukan untuk kesuksesan rangkaian peringatan HUT ke-202 Kota Bandung yang diselenggarakan dari 27 – 30 September itu.*

BANDUNG, (PRLM).- Selama empat hari sejak Kamis (27/9/12) hingga Minggu (30/9/12) akan dilangsungkan Bandung Air Show (BAS) 2012. Pelaksanannya sendiri akan digelar di Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara Kota Bandung.

Acara tersebut merupakan rangkaian dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-202 Kota Bandung, bertajuk “Berjaya Dirgantara”.

Pada acara tersebut, akan menampilkan static show, fly pass, dan dynamic show. Juga pertunjukan aerobatik udara dari dalam dan luar negeri. Bahkan, tercatat sebanyak 28 pesawat dari luar negeri pun akan turut memeriahkan pergelaran dua tahunan itu.

Nantinya, atraksi akan dipertontokan oleh Tim Pegasus helikopter colibri dari Skuadron 7 Kalijati. Kemudian tim aerobatik Trisakti dari Malaysia. Serta hadirnya pesawat tempur Hawk 200 milik TNI AU. Pesawat berjuluk Black Panther itu pertamakalinya mendarat di Bandung.

Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Umar Sugeng Hariyono didampingi Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Husein Sastranegara Mayor Sus Sitty Asniwaty, mengatakan, pesawat Indonesia yang akan hadir nantinya adalah enam pesawat Helikopter colibri dari skadron udara 7 Lanud Suryadarma, Kalijati.

“Lima pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Kemudian satu pesawat Hercules, satu pesawat Charlie Bravo dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta,” ucapnya, Rabu (26/9/12).

Dikatakan dia, pesawat lainnya adalah dua pesawat Cessna aerosport FASI Jawa Barat. Satu pesawat N-250 PT Dirgantara Indonesia, serta satu pesawat Jabiru SMKN 12 Bandung. Dan, 28 pesawat dari luar negeri.

Umar mengatakan, selain pesawat nantinya akan ada demo udara. Yaitu terjun payung dari Pasukan Khas TNI AU (Paskhasau) sebanyak 45 orang. Mereka, berasal dari Makorpaskhasau dan Wing III/Diklat Paskhas.

Kemudian peterjun dari Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) sebanyak 15 orang. Lalu gantole enam orang, terbang bermotor enam orang, microlight dua orang.

Berikutnya Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, sebanyak dua orang. Lalu Skadron Udara 7, Lanud Suryadharma, Kalijati, Subang 16 orang. Juga aka nada crew pesawat asing 82 orang.

Sumber: www.pikiran-rakyat.com

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Langit Bandung Bakal Dimeriahkan Aerobatik Udara