Berita Utama

Lantik Dankodiklatau, Kasau Optimis TNI AU Menjadi Organisasi Tempur Andal dan Disegani

Oleh 27 Jun 2019 Tidak ada komentar
Lantik Dankodiklatau, Kasau Optimis Tni Au Menjadi Organisasi Tempur Andal Dan Disegani
#TNIAU 

CILANGKAP, DISPENAU. Kompleksitas perkembangan lingkungan strategis saat ini berimplikasi pada pergeseran paradigma ancaman, sehingga menuntut TNI AU untuk terus fokus dalam pengembangan kekuatan dan pembinaan kemampuan matra udara, dengan tetap mengacu pada postur TNI AU.

Kasau menambahkan, Rencana Strategis (Renstra) TNI AU dan Minimum Essential Force (MEF) menjadi harapan terwujudnya sebuah organisasi tempur pengawal kedaulatan udara yang andal, berkelas, dan disegani.

Hal ini disampaikan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., saat memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Udara (Dankodiklatau) dari Marsda TNI Andjar Sungkowo, S.E., M.Si (Han), kepada Marsma TNI Diyah Yudanardi, dan Kepala Dinas Pengembangan Operasi Angkatan Udara (Kadisbangopsau), di Auditorium Leo Wattimena Mabesau, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (27/6/2019).

Selain sertijab Dankodiklatau, juga dilaksanakan Sertijab Kadisbangopsau dari Marsma TNI Irawan Nurhadi kepada Kolonel Pnb Engkus Kuswara, S.I.P., M.Tr. (Han).

Berkaitan dengan pengembangan kekuatan matra udara, Kasau menjelaskan dalam waktu dekat TNI AU akan mendatangkan beberapa alutsista mutakhir, meliputi pesawat tempur generasi terbaru, pesawat angkut, pesawat amfibi, pesawat helikopter SAR tempur, pesawat tanpa awak (UAV), pesawat jet tanker, serta alutsista pendukung lainnya seperti radar GCI, radar pasif, dan rudal jarak jauh.

“Di sinilah peran Kodiklatau untuk menyiapkan personel TNI AU yang profesional dan ahli di bidangnya, serta memiliki jiwa militan, serta inovatif,” ujar Kasau.

Kepada Kadisbangopsau, Kasau minta untuk antisipatif, karena keberadaannya begitu penting dalam menunjang pengembangan kekuatan dan kemampuan matra udara, khususnya pengembangan sistem dan persyaratan operasi udara, penggunaan senjata nubika, pengaturan navigasi, dan lalu lintas udara, serta penyelenggaraan meteorologi penerbangan.

“Apresiasi yang tinggi saya ucapkan kepada Marsda TNI Andjar Sungkowo, S.E., M.Si (Han), atas pencapaian selama menjabat menjadi Dankodiklatau antara lain pembentukan Wingdiktek dan Wingdikkal, pembentukan Mobile Team Training, serta penerapan aplikasi Soyus untuk kegiatan Angkasa Yudha,” tambah Kasau.

Sedangkan kepada Marsma TNI Irawan Nurhadi, Kasau mengapresiasi atas terlaksananya realisasi 18 training area di Lanud Supadio, Lanud Roesmin Nurjadin, dan Lanud Suryadarma, realisasi Instrument Flight Procedure di Yogyakarta International Airport, dan realisasi kerja sama antara TNI AU dan BMKG dalam hal Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diwujudkan dalam alih status barang pengadaan BMKG demi meningkatkan pelayanan informasi meteorologi penerbangan di pangkalan TNI AU.

Tampak hadir, Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.DS., Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Pangkoopsau I dan II, Dankoharmatau, Danseskoau, para Kadis jajaran Mabesau, Ketua Umum Pia Ardhya Garini beserta pengurus pusat. (pur)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel