Berita

LANUD ABD DI SERANG WARGA DENGKOL

Dibaca: 21 Oleh 27 Mar 2014Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Sekitar 70 orang warga Desa Terong Dowo Dengkol, Kecamatan Pakis, Malang menggelar aksi demo di pertigaan Komplek Jatayu Abd Saleh. Aksi tersebut menuntut pembebasan tanah warga yang dikuasai Lanud Abd Saleh dan sempat ricuh setelah tidak adanya kesepekatan warga dengan pihak Lanud, sehingga jalan di sekitar Jatayu mengalami kemacetan. Melihat situasi yang memanas Lanud mengerahkan pasukan Penanggulangan Huru-hara (Gulhura) untuk membubarkan aksi anarkis tersebut.

Sebagian pendemo melakukan pembakaran ranting-ranting pohon disekitarnya, disela-sela kegiatan tersebut, warga juga melakukan orasi atau yel-yel serta membawa spanduk dan poster. Mereka menuntut pengembalian hak-hak kepemilikan tanah warga dan tanah garapan warga yang selama ini dikerjakan.

Melihat situasi seperti itu, Lanud langsung mengerahkan 1 kompi pasukan Gulhura yang mengenakan pakaian lengkap. Dengan kedatangan 1 kompi pasukan, warga semakin emosi. Tim negosiasi juga turun tangan menemui koordinator demonstran namun tidak ada kesepakatan. Warga semakin tidak terkendali dan mulai melakukan aksi-aksi melempari petugas hingga saling adu dorong. Akhirnya terjadilah bentrok dengan petugas Gulhura. Warga pun semburat setelah Gulhura menurunkan mobil PK Lanud untuk membubarkan massa dengan semprotan air serta 4 anjing dari Brigan Satuan Pomau Lanud Abd Saleh.

Baca juga:  Lapor Korp Kenaikan Pangkat Perwira Lanud Rsn

Kegiatan tersebut merupakan bagian skenario dari rangkaian Latihan Garuda Perkasa (Gaper) tahun 2014. Dalam latihan tersebut dilibatkan sekitar 70 orang sebagai pendemo, 1 kompi pasukan Gulhura dari jajaran Lanud dan 4 anjing dari Brigan ditambah 9 personel dari Sat POMAU Lanud Abd Saleh.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel