Berita

LANUD ABD SALEH ADAKAN LATIHAN PERTAHANAN HORISONTAL

Dibaca: 7 Oleh 14 Des 2012Tidak ada komentar
LANUD ABD SALEH ADAKAN LATIHAN PERTAHANAN HORISONTAL
#TNIAU 

Untuk melatih dan meningkatkan kemampuan, ketrampilan personel yang terlibat dalam Satgaspam alutsista Lanud Abd Saleh agar siap operasional dalam melaksanakan tugas pengamanan dan pertahanan horizontal maka Lanud Abd Saleh mengadakan Latihan Pertahanan Horisontal semester II yang dilaksanakan di Lanud Abd Saleh (13/12).

Sebelum kegiatan latihan Pertahanan Pangkalan dimulai, Kepala Seksi Pertahanan Pangkalan Mayor Psk Subiasto memberikan arahan kepada personel Lanud Abd Saleh beserta Insub yang terlibat dalam pelaksanaan latihan, mengenai bagaimana prosedur dalam menghadapi serangan dari musuh.

Diskenariokan dalam Latihan bahwa, situasi wilayah Malang Raya kurang kondusif disebabkan untuk pengusulan dari buruh tentang upah minimum tidak terpenuhi sehingga membuat kerusuhan di wilayah Malang Raya. Untuk mengantisipasi kerusuhan melebar masuk ke Lanud Abd Saleh, maka Pimpinan memerintahkan membentuk dan menyiapkan Satuan Tugas Pengamanan dan Pertahanan Pangkalan (Satgaspamhanlan).

Setelah ada informasi dari Intelpam tentang rencana perusuh yang akan mengancam Lanud Abd Saleh, maka Komandan Lanud Abd Saleh memerintahkan Komandan Satgaspamhanlan untuk melaksanakan pengamanan pertahanan Lanud Abd Saleh. Dan Satgaspam memerintahkan Komandan Kompi untuk menggelar pasukannya sesuai sektor yang telah ditentukan dan mengadakan patrol pengamanan. Satgaspam akan ditarik setelah dinyatakan aman dan dapat perintah penarikan dari Komandan Lanud Abd Saleh, selanjutnya diadakan konsolidasi pengecekan baik personel maupun materiil dan hasilnya dilaporkan kepada Komandan Lanud Abd selanjutnya menunggu instruksi.

Latihan Pertahanan Pangkalan horizontal yang melibatkan 252 orang anggota Lanud Abd Saleh dan Insub mempunyai sasaran latihan, memelihara dan meningkatkan ketrampilan taktik dan teknik patroli dalam pelaksanaan pertahanan pangkalan dan mengetahui betul kondisi geografis Lanud Abd Saleh yang harus dipertahankan, bila suatu saat dihadapkan pada suatu kondisi nyata dimana operasi pertahanan horizontal harus digelar dan pencegahan, penangkalan serta pendeteksian dini terhadap pihak-pihak yang ingin mengganggu kelancaran operasional Lanud Abd Saleh.

Latihan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 11 sampai dengan 14 Desember 2012 dengan materi pelajaran teori dan praktek pengamanan dan pertahanan horizontal selama 2 hari dilanjutkan dengan gelar pengamanan dan pertahanan horizontal, patrol dan menembak dan terakhir evaluasi pelaksanaan teori dan praktek pertahanan horizontal selama 2 hari.

Baca juga:  Team RSAU Dody Sarjoto Kembali Laksanakan Program Serbuan Vaksinasi untuk Siswa SMP/SMA Angkasa dan Masyarakat Umum Sekitar Lanud Sultan Hasanuddin

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel