Berita

Lanud Abd Saleh Dukung Uji Doktrin TNI AU 2015

Dibaca: 4 Oleh 03 Des 2015Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

TNI Angkatan Udara sebagai bagian integral dari TNI dalam upaya pertahanan negara yang padat materiil dan sarat teknologi harus selalu dan terus menerus diupayakan pemeliharaannya serta dibina kekuatan dan kemampuannya, agar dapat melaksanakan peran, fungsi dan tugasnya dalam sistem pertahanan negara. Untuk itulah TNI Angkatan Udara melakukan Latihan Uji Doktrin TNI AU yang dilaksanakan pada akhir tahun 2015.

Uji doktrin yang melibatkan pesawat tempur dan angkut Lanud Abd Saleh dan Lanud Iswahyudi Madiun ini dimaksudkan untuk terwujudnya kesiapan operasi Kotama TNI AU beserta jajarannya maupun pendukung lain dari aspek personel, alutsista serta piranti lunak yang tersusun dan terujinya rencana operasi yang sewaktu-waktu dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan operasi sesungguhnya. Uji doktrin ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel jajaran Koopsau I, Koopsau II, Kohanudnas, dan Korpaskhas.

Di hari Pertama latihan, Lanud Abd Saleh telah melakukan Gladi Posko Satgas Dukpur, dilanjutkan penerjunan Satpur di Air Shooting Range (ASR) Pandan Wangi Lumajang Jawa Timur, pada malam harinya dengan menggunakan pesawat CN-295. Asops, Pangkoopsau I, Kas Koopsau II, Kas Pangkohanudnas serta para pejabat TNI AU yang terkait sejak kemarin (2/12) telah berada di Lanud Abd untuk meninjau persiapan uji doktrin di Skadron 21, 4 dan 32. Pada Kamis (3/12) rombongan Asops yang didampingi Danlanud Abd Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, S.E., melakukan Mission Comander Brief di Gedung Binayudha Lanud Abd. Saleh dan selanjutnya rombongan terbang ke ASR Pandanwangi dengan menggunakan Heli NAS 332 Super Puma untuk melaksanakan peninjauan kegiatan Uji Doktrin.

Baca juga:  Upacara Bendera Tujuh Belasan Di Depohar 40 Lanud Sulaiman

Latihan uji doktrin yang melibatkan pesawat tempur F-16, Sukhoi, T-50i, Hawk, dan Pesawat Super Tucano, Hercules dan Casa berlangsung aman, lancar dan sukses. Asops beserta rombongan setelah menyaksikan kegiatan Uji Doktrin di ASR Pandanwangi, kembali ke Jakarta melalui Lanud Abd Saleh dengan menggunakan pesawat CN 295 yang diantar langsung oleh Danlanud Abd beserta para pejabat Lanud Abd dan Insub.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel