Berita

Lanud Abd Saleh Gelar Latihan Puncak Satuan “Garuda Perkasa” Tahun 2022

Dibaca: 57 Oleh 15 Mar 2022Tidak ada komentar
4d
#TNIAU 

TNI AU. Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang menggelar latihan puncak tingkat satuan “Garuda Perkasa” Tahun 2022 yang melibatkan skadron udara, staf dan Pasukan Pasgat yang ada di Malang. Latihan “Garuda Perkasa” direncanakan dilaksanakan dalam lima hari ke depan dengan dua kegiatan utama yaitu Geladi Posko dan Manuver Lapangan. Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan di Gedung Binayuda, Senin (14/3) dengan Inspektur Upacara Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Zulfahmi, S.Sos., M.Han., yang ditandai dengan pemasangan pita kepada dua perwakilan sebagai Komando Latihan (Kolat)  dan Pelaku serta sambutan Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh menyampaikan sebagai pangkalan udara operasional, Lanud Abdulrachman Saleh senantiasa menyelenggarakan latihan satuan secara rutin guna menguji profesionalisme para prajurit dan staf di Lanud Abdulrachman Saleh dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam kegiatan dukungan operasi udara maupun pelaksanaan operasi udara. “Latihan kali ini, selain melibatkan unsur-unsur skadron udara juga Satuan Tugas (Satgas) dan unsur-unsur terkait lainnya di Lanud.” Jelas Danlanud.

Baca juga:  Komandan Lanud H. AS Hanandjoeddin Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Sementara itu, Direktur Latihan “Garuda Perkasa” Tahun 2022 yaitu Kolonel Pnb Erwin Sugiandi yang merupakan Danwing 2 Lanud Abdulrachman Saleh menyampaikan pada hari pertama geladi posko, unsur-unsur pelaku yang terlibat seperti Satgas tiga jenis pesawat udara dan Satgas Pangkalan menyiapkan naskah latihan berupa rencana pergerakan dan rencana pelibatan. Guna menjaga protokol kesehatan, posko latihan tiap unsur skadron udara digelar di markas masing-masing dan Satgas Operasi di Gedung Cakrawala dengan fasilitas vicon yang terhubung dengan Posko Kolat.

Pada hari pertama tiap-tiap unsur yang terlibat latihan “Garuda Perkasa” telah mengikuti proses pengambilan keputusan tingkat unsur dengan hasil pembuatan dan paparan rengerak di depan Komandan Satgas yang diperankan oleh Wasdal. Wasdal akan menilai sejauh mana tiap unsur dapat merencanakan pergerakan, serta pelibatan kekuatan yang akan digunakan untuk melumpuhkan pihak lawan pada perencanaan operasi sesuai dengan skenario latihan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel