Berita

LANUD ABD SALEH LIBATKAN 10 PESAWAT PRA-LATGAB TNI

Dibaca: 10 Oleh 03 Mei 2013Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Sebagai Pangkalan Induk yang mengoperasikan berbagai pesawat militer, Lanud Abd Saleh berupaya semaksimal mungkin berperan aktif dalam setiap operasi TNI termasuk Latihan Pralatgab TNI 2013 yang dilaksanakan di Asembagus, Situbondo, Jawa Timur.

Dalam Latgab TNI yang disaksikan langsung Presiden SBY dan Wakil Presiden Budiono, Lanud Abd Saleh mengoperasikan 10 pesawat yang terdiri dari 6 pesawat C-130 Hercules, 1 pesawat Cassa, dan 3 pesawat Super Tucano, Rabu (3/5).

Sejak pagi buta satu persatu burung-burung besi dari Lembah Bromo mulai menyeruak membelah angkasa untuk melaksanakan tugas sesuai fungsi masing-masing.

Satu pesawat Cassa-212 Skadron 4 Lanud Abd Saleh, dibawah kendali Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh, Kolonel Pnb Yani Ajat take off meninggalkan sarang wallet untuk melaksanakan tugas pengintaian terhadap kedudukan lawan yang diasumsikan berada di daerah Asembagus, Situbondo, Jawa Timur.

Ketajaman mata Wallet Besi dari Skadron 4 ini memang sudah tidak diragukan lagi, sehingga situasi dan kondisi kedudukan lawan dapat direkamnya dengan cepat oleh kamera, kemudian Skadron yang berlogo Wallet dari Bromo Valley segera melaporkan hasil pengintaiannya.

Baca juga:  Pasca Observasi, 7 Crew Skadron Udara 17 Kembali ke Home Base

Kemudian lima C-130 Hercules dari Skadron 32 Lanud Abd Saleh yang dijuluki Hercules Bromo Valley segera menerjunkan pasukan payung Lintas Udara (Linud) untuk melakukan penyerbuan daerah kedudukan musuh, sedangkan satu C-130 Hercules disiagakan di Lembah Lawu Lanud Iswahjudi untuk mendukung bila ada perintah komando atas.

Tiga pesawat EMB 314 Super Tucano Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh memuntahkan amunisinya memberikan Bantuan Tembakan Udara (BTU) agar pasukan Linud dapat dengan mudah menguasai daerah kedudukan musuh.

Danlanud Abd. Saleh Marsma TNI Gutono S.IP, mengingatkan setiap personil untuk selalu berupaya ready on job, professional dalam bidang tugas, dan tidak pernah meninggalkan safety dalam setiap gerak langkah pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel