Berita

Lanud Abd Saleh & Pemkab Jember Wujudkan “Jember Festival Dirgantara 2022

Dibaca: 17 Oleh 12 Jan 2022Januari 13th, 2022Tidak ada komentar
jr 2022
#TNIAU 

TNI AU. Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Jember ke-93, Lanud Abd Saleh dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember bekerjasama dalam mewujudkan “Jember Festival Dirgantara 2022” di Alun-alun Jember dan peresmian area paralayang di Wuluhan, Senin (10/1).

Menurut Kadispotdirga Lanud Abd Saleh Kolonel Tek Chaeruman, S.T.,M.M., Jember Festival Dirgantara 2022 merupakan kegiatan dan pameran kedirgantaraan oleh Pemkab Jember bekerjasama dengan Lanud Abdulrachman Saleh untuk masyarakat Jember. Kegiatannya meliputi kejuaraan paralayang Bupati Cup digelar pada tanggal 7-9 Januari 2022 area paralayang Wuluhan, kemudian Joyflight oleh pesawat FASI Yogyakarta pada Minggu 9 Januari 2022 di Bandara Notohadinegoro, demo pesawat udara dan terjun payung di alun-alun Jember serta peresmian area/venue paralayang Skyland di Wuluhan oleh Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Zulkifli, S.Sos., M.Han., dan Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, S.T., IPU.

Pada demo udara di alun-alun Jember diperlihatkan manuver tiga pesawat EMB 314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh yang terbang dengan beberapa formasi di atas Kantor Pemkab Jember dan aksi terjun payung oleh tiga puluh Prajurit Paskhas dari Yonko 464 dan Denmatra 2 Paskhas dari ketinggian 7000 feet. Para peterjun loncat dari pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh dan diakhiri flypass satu pesawat C-130 Hercules di atas Alun-alun Jember.

Baca juga:  Danlanud Iswahjudi dan Satuan Jajarannya Terima Tim Wasrikkap Itjenau

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST.,IPU., menyampaikan wilayah Jember mempunyai potensi kedirgantaraan yang besar seperti area paralayang Wuluhan. Diharapkan area paralayang akan menumbuhkan multiplier effect seperti kegiatan ekonomi masyarakat di sekitarnya akan meningkat. Demikian pula Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Zulfahmi, S.Sos., M.Han., menyampaikan kehadirin TNI AU di Jember selain mengenalkan minat kedirgantaraan bagi masyarakat Jember juga dapat mengembangkan potensi ekonomi masyarakat.

Selanjutnya Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Zulkifli, S.Sos., M.Han., dan Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., meresmikan area/venue paralayang di landing area paralayang Desa Tamansari, Wuluhan. Area paralayang meliputi lokasi take off parasut dan penerbang paralayang di Skyland, Gunung Manggar dan lokasi landing area di Desa Tamansari. Peresmian dilaksankan di landing area ditandai penandatangan prasasti area paralayang oleh Danlanud Abd Saleh, Bupati Jember dan Kepala Perhutani Jember. Selain itu, ditunjukkan aksi atlet paralayang yang terbang dari Skyland Gunung Manggar menuju landing area di Tamansari di hadapan para pejabat dan masyarakat yang memadati landing area Tamansari.

Baca juga:  Menristek RI Tinjau Posko TMC di Lanud Halim Perdanakusuma

Kadispotdirga Lanud Abd Saleh Kolonel Tek Chaeruman, S.T., M.M., yang didampingi Komandan Detasemen TNI AU (Denau) Jember Pelda Abdil Firdaus Prastiswa menyampaikan rangkaian acara Jember Airshow 2022 berjalan dengan lancar. Disampaikan ucapan terima kasih Danlanud Abd Saleh dan jajaran kepada Bupati Jember dan jajaran atas kerjasama yang terjalin baik antara Lanud Abd Saleh dengan Pemkab Jember dalam mewujudkan Jember Airshow tahun 2022.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel