Berita

Lanud ABD Saleh Rintis Green House dan Eco Green

Dibaca: 5 Oleh 27 Jan 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Pentak Lanud Abd (26/1). Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, S.E. yang didampingi para Kepala Dinas serta Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3 Daerah II Lanud Abd Saleh mengajak anggota Lanud Abd berkunjung ke perkebunan Arjuna Flora Batudan diterima langsung oleh Bapak H. Samsul Munir dan Ibu Ir. Lucky Budiati selaku manager CV. Arjuna Flora (26/1).

Kedatangan Danlanud Abd beserta rombongan dalam rangka ingin mempelajari cara bercocok tanam yang baik dan benar lewat pakar tanaman secara langsung. Danlanud Abd ingin sekali mensejahterakan anggotanya dengan memberikan pelajaran pertanian tersebut sehingga diharapakan sekembalinya dari Green House tersebut, para anggota dapat menerapkan ilmunya di rumahnya masing-masing atau dapat bergabung di Green House Lanud Abd yang saat ini sedang di bangun.

Ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah dan Panglima TNI akan direalisasikan oleh Danlanud Abd. Saat ini pembangunan green house yang letaknya berada di atas tanah seluas 600 m sudah dimulai. Green house Lanud Abd ini nantinya akan digunakan untuk peningkatan produksi pertanian yang akan ditanam oleh anggota Lanud Abd Saleh termasuk Wara dan Ibu-ibu PNS yang ingin bertanam bunga untuk keindahan sekaligus sebagai taman wisata bagi Lanud Abd Saleh.

Baca juga:  Peringati Hari Bakti TNI AU, Wakasau Pimpin Ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Danlanud Abd sengaja membangun greenhouse ini sebagai tempat pembibitan tanaman sayuran, buah dan bunga, karena dengan green house dapat diciptakan Kondisi cuaca yang mendukung pertumbuhan tanaman. Suhu, kelembaban dan intensitas cahaya matahari juga dapat di atur sesuai kebutuhan. Penyiraman tanaman dapat diatur secara berkala, kemudian Kebersihan lingkungan dapat dijaga dengan baik sehingga terhindar dari penyakit tanaman. Kenyamanan terhadapa aktivias produksi dan pengendalian mutu serta udara yang bersih dari polusi dan terlindung terhadap gangguan binatang/hama dan serangga penggangu.

Danlanud Abd berharap dari kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi anggota yang ingin bercocok tanam dan dapat dipraktekan di rumahnya masing-masing dan apabila ada yang lebih serius ingin mendalami cara bertanam dapat mengikuti diklat selama dua hari di CV. Arjuna Flora Batu. “Bercocok tanam ini diutamakan untuk menambah pendapatan atau sampingan bagi anggota Lanud Abd yang akan memasuki masa purna tugas. dan tidak ada kata terlambat dalam berusaha”, kata Danlanud disela-sela kunjungannya. Sebelum meninggalkan perkebunan arjuna, Anggota Lanud Abd melihat langsung proses menanam sayur, buah dan bunga sekaligus panennya.

Baca juga:  Upacara Bendera 17-an di Lanud Yohanis Kapiyau Timika

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel