Berita

Lanud ABD Saleh Tuan Rumah Teknologi Modifikasi Cuaca di Daerah Aliran Sungai Brantas

Lanud Abd Saleh Tuan Rumah Teknologi Modifikasi Cuaca di Daerah Aliran Sungai Brantas
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat memberikan kata sambutan pada pembukaan pekerjaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) bagi daerah aliran sungai (DAS) Brantas Kabupaten Malang di Skadron Udara 4 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Rabu, (13/11/2019).

Turut hadir pada acara tersebut Dr Tri Handoko Seto, Msc.Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT, Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Eko Sujatmiko, S.E., M.M., perwakilan BBWS Brantas Kementerian PUPR, perwakilan Kepala Ddinas Pekerjaan Umum dan SDA ProvinsiJawa Timur, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, perwakilan Kadishub Provinsi Jawa Timur,perwakilan PT. Pembangunan Jawa Bali Up. Brantas, perwakilan BMKG Stasiun Klimatologi Karangploso, para Kepala Dinas Lanud Abd Saleh, Crew pesawat Cassa C-212 Skadron Udara 4 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh.

Dalam sambutannya Danlanud mengatakan “Kepada segenap pejabat dan stakeholder terkait kami mengucapkan selamat datang di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Kita berharap mudah-mudahan pertemuan kita kali ini akan menjadi awal yang baik bagi upaya kita semua dalam mengupayakan TMC untuk DAS Brantas sehingga memberi manfaat bagi masyarakat dan warga Provinsi Jawa Timur.”

Lebih lanjut Danlanud menyampaikan “Pada bulan September yang lalu Lanud Abdulrachman Saleh melalui pesawat Cassa 212 dari Skadron Udara 4 juga telah mendukung BPPT dalam kegiatan TMC di Pekanbaru dan Pontianak untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang ada di Provinsi Riau serta Provinsi Kalimantan Barat dan sekitarnya. Melalui kerjasama semua pihak yang terkait, kegiatan TMC tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman.”

“Sehubungan program pekerjaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk daerah aliran Sungai Brantas Provinsi Jawa Timur dari Balai Besar TMC BPPT, Lanud Abdulrachman Saleh akan berupaya mendukungnya dengan sebaik-baiknya. Kita berharap melalui kerjasama berbagai pihak program pemerintah ini akan dapat terlaksana dengan lancar, aman dan terarah seperti harapan kita bersama,” pungkas Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat.

Sementara itu Dr Tri Handoko Seto, Msc. Kepala Balai Besar TMC BPPT dalam paparannya antara lain menyampaikan perlunya TMC menggunakan pesawat agar daerah aliran Sungai Brantas dapat segera teraliri air hujan. Dijelaskan TMC adalah upaya menebar garam di udara yang mengandung awan, sehingga dari awan yang tergarami dapat menimbulkan awan hitam dan dapat berpotensi menimbulkan hujan. Melalui musim awal hujan saat ini, diharapkan debit dan kondisi air Sungai Berantas yang telah minimal pulih secara bertahap. Sehingga dengan TMC DAS Brantas ini diharapkan akan memulihkan aliran Sungai Brantas juga aktifitas masyarakat yang bergantung sungai di sepanjang aliran Sungai Brantas.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel