Berita

Lanud Abd Saleh Wakili TNI AU Pamerankan Alutsista Di Koarmatim

Dibaca: 34 Oleh 19 Sep 20174 komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Penlanud Abd Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 TNI tahun 2017, Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengadakan Pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI yang diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 16-17 September 2017 di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya. Sabtu, (16/9).

Acara pembukaan, di mulai dengan penekanan tombol sirene oleh Pangarmatim didampingi Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2/Kostrad, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Agus Suhardi dan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Abdul Rachman Saleh, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Julexi Tambayong diikuti dengan Gauk Kapal dari KRI yang dipamerkan dalam acara tersebut. Selain itu, secara simbolis prajurit TNI melepas burung merpati sebagai tanda acara pameran Alutsista TNI bisa disaksikan oleh ribuan masyarakat Jatim dan sekitarnya.

Pangarmatim dalam sambutannya menyampaikan bahwa, penyelenggaraan pameran Alutsista TNI wilayah timur tahun 2017 yang diikuti oleh TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara merupakan momentum penting bagi TNI untuk menunjukkan peningkatan kemampuan dan modernisasi Alutsista, serta merupakan bentuk pertanggungjawaban TNI atas kepercayaan dan tugas yang diberikan Negara dan rakyat.

Baca juga:  Danlanud Adi Soemarmo Resmikan Monumen Pedang Perwira

Pada pameran alutsista TNI di Koarmatim ini TNI AU diwakili oleh Lanud Abd Saleh menampilkan Simulator pesawat C-130 Hercules, (skadron 32), untuk Skadron 4 menampilakn DPA (dropable pump assembley, liquid container, paracute x form, penetration line assembley, paracute oppo, heli boc, light storage container, sedangkan skadron 21 menampilkan rocket launcher, machine gun, BDU (bom latih asap rocket RD 4 , dan peluru 12, 7, Lanud Abd Saleh juga unjuk kebolehan dengan menampilkan atraksi udara yang dilakukan oleh pesawat 3 pesawat EMB 314 Super Tucano.

Pada pameran Alutsista ini ditampilkan beberapa karya anak bangsa dari TNI AD menampilkan APC Anoa, Anoa Ambulance, Anoa Recovery, Anoa Comando, Rudal Balistik sedang, dan Tarantula. Sedangkan dari TNI AL menampilkan Mocab PKR 105, Mocab LPD, Mocab KCR 60 m, Mocab Panser Anoa, senjata ringan dan amonisi, Avionic F-5 Tiger, Tactical Mission System, Combat Management System.

HUT ke-72 TNI dengan tema, “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Adil dan Makmur”. Tergelarnya kekuatan Alutsista TNI Wilayah Timur serta pameran Alutsista terbaru kepada masyarakat sebagai wujud memberikan rasa aman kepada rakyat Indonesia bahwa TNI siap menjaga kedaulatan NKRI di Darat, Laut dan Udara.

Baca juga:  Upacara Peringatan Harkitnas Ke-107 Di Lanud Adi Soemarmo

Hadir pada acara pembukaaan antara lain, Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., Komandan Kodiklatal Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H., Staf Ahli (Sahli) Panglima TNI Tingkat III Bidang Politik Keamanan Nasional (Polkamnas) Laksda TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., Pangkosek IV Marsma TNI Dumex dan ratusan Prajurit TNI.

Gabung dalam diskusi 4 komentar

  • Jalak putih 17 berkata:

    Bismillah,tahun 2020 rawan sekali masalah ketahanan pangan dan ekonomi,mungkin dengan membuka lahan yang belum terjamah dan perlu dikembangkan produk apa yang bisa menghasilkan pendapatan buat masyarakat,mungkin kita perlu kembangkan dan budi dayakan,contohnya pembibitan ikan,dan lahan hidroponik.TNI bisa adakan kerjasama dengan kementrian pertanian,pihak IPB maupun fakultas pertanian diseluruh tanah air,guna membuka unsur ketahanan pangan dan ekonomi rakyat,dengan membuka seluas luasnya pendapatan masyarakat akan mengurangi masalah lahan pekerjaan dan masalah kejahatan.semoga ini dapat diperhatikan oleh panglima TNI guna mendukung ketahanan pangan masyarakat.

  • Jalak putih 17 berkata:

    Bismillah,berita yang ditampilkan apik dan sangat inspiratif,cuma kita perlu mengembangkan kemampuan pasukan infanteri,dengan mengusung pendidikan tuk anak anak diperbatasan negara,daerah pelosok pedalaman,dengan TNI.AU membuka kesempatan para perwiranya kuliah sampai strata tiga ini prestasi yang luar biasa,sedapat mungkin agar tamtama pun diikut sertakan dalam program kuliah dengan program kerjasama dengan pihak universiti negeri dan swasta.Yang di acu adalah mengembangkan potensi diri dan mengembangkannya buat kemaslahatan dimasyarakat luas,terutama diperbatasan negara dan pelosok pedalaman.Buat TNI.AU,sebagai rakyat meminta sangat agar sedapat mungkin terus lanjutkan program kuliah buat anggota nya, baik mulai tamtama bintara perwira.semoga tahun 2024 kelak ditubuh TNI.AU bisa mencetak lulusan TNI.AU asli dari putera daerah termasuk pedalaman,ditapal batas,kita acu lebih banyak lagi pendidikan sama rata sesama warga bangsa,tidak kenal kota maupun pelosok pedalaman,yang dipedalaman pun punya hak yang sama memajukan daerahnya melalui pendidikan.

    • Dispenau berkata:

      terimakasih atensi dan perhatiannya pak untuk SDM yang lebih maju
      kita didik utk sekolah di dalam negeri dan luar negeri.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel